Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MAN 2 Model Medan
Abstract
Pelaksanaan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan bertujuan bertujuan agar pembelajaran lebih produktif dan bermakna.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian, yaitu: reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi (menyimpulkan data). Dalam penelitian ini, ternyata model pembelajaran kontekstual pada proses pembelajaran menjadi lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Pembelajaran menjadi lebih aktif kreatif dan inovatif. Selain guru menyampaikan materi dan mengintegrasikan nilai-nilai akhlak dengan mengajak siswa untuk terbiasa menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari, guru juga berhasil memunculkan beberapa komponen pembelajaran kontekstual pada model pembelajaran tersebut antara lain: 1) kontruktivisme muncul karena pengalaman diperoleh siswa dengan menemukan sendiri; 2) menemukan (inquiry) muncul pada waktu diberi tugas dan menuangkan hasil pengamatan tersebut serta menarik kesimpulan; 3) bertanya (questioning) muncul ketika siswa bertanya tentang masalah yang ditugaskan, berdiskusi, bekerja dalam kelompok ketika menjawab pertanyaan arahan; 4) Masyarakat belajar ( learning community) muncul ketika pelaksanaan diskusi kelompok maupun diskusi kelas;5). Pemodelan (modeling) muncul ketika guru memberikan contoh.
Downloads
References
Aly,Hery Noer.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Al Rasyidin.Falsafah Pendidikan Islami.Bandung:Citapustaka Media Perintis, 2008.
-------------- Falsafah Pendidikan Islam (Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan Islam). Medan: Citapustaka Media Perintis, 2015.
Al-Syaibany,Omar Muhammad Al-Toumy.Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Daulay,Haidar Putra.Pendidikan Islam Dalam Persfektif Filsafat. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
Ma’luf,Luwis. al-Munjid fi al-Lughah wa al-A’lam. Beirut: Dar al-Masyruq, 1960.
Margono,S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta,1997.
Rustam. Model- model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Salminawati. Filsafat Pendidikan Islam (Membangun Konsep Pendidikan Yang Islami). Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.
Sanjaya, Wina.Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Cet. 5. Jakarta: Kencana, 2011.
Tafsir,Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Taniredja,Tukiran, et. al., Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta, 2011
Tim.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka,cet.2,2002.
Und ang-Undang Pendidikan Nasional No 2 Tahun 1989 dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Sinar Grafika, 1992.
Undang-undang RI. Sistem Pendidikan Nasional.Semarang: Aneka Ilmu, cet. 7, 2003.
Copyright (c) 2023 Hirawati, Fauzi Fahmi, Risma Linda Sinaga, Khairun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.