Mengelolah Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika

  • Doni Andriyan Zunaeidy
  • Hadi Susiono STAI Raudhatul Akmal
  • Poniman Adiyanto STAI Raudhatul Akmal
  • Hamzah STAI Raudhatul Akmal
  • Raudhoh Zaini STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Kecemasan, Pembelajaran, Matematika

Abstract

Kecemasan merupakan salah satu sikap yang sangat berpengaruh besar ketika menjalani pembelajaran apa saja, kecemasan juga dapat terjadi karena sikologis sikap seseorang tidak siap menerimanya sehingga kecemasan itu sendiri akan berpengaruh besar terhadap apa saja yang kita alam, keemasan itu sendiri juga bersifat subjektif dan dapat meningkat dan pada akhirnya seseorang itu akan sangat sulit untuk mendapatkan pemahaman dengan baik. Oleh karena itu siswa akan belajar secara parsial hal ini akan membentuk pengalaman interpersonal siswa,siswa yang mempunyai kecemasan sedikit akan jauh lebih baik pemahamannya didalam pembelajaran matematika dikarenakan siswa tersebut mampu mengatasi kecemasan nya didalam belajar matematika, maka ia dapat menggunakan kecemasannya dalam menyelesaikan masalah tersebut. Kecemasan juga bisa menjadi stimulus yang sangat berguna. Karena ketika seseorang merasa didalam kecemasan dan ia mampu untuk beradaptasi dalam kecemasan maka kecemasan tersebut akan membantu seseorang untuk kuat dan akan membawa mereka pada tingkat pemecah masalah yang baik. Pada makalah ini akan diuraikan beberapa hal yang mungkin dapat mengelola kecemasan dalam pembelajaran matematika.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsa, A. 1984. Usia Mental, Jenis Kelamin, dan Prestasi Belajar Matematika.
Jurnal Psikologi Pendidikan, 12, 1, 22-29.
Dacey, J.S. 2000. Your Anxious Child: How Parents and Teachers can Relieve
Anxiety in Children. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.
Hartanti & Judith E.D. (1997). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecemasan
Menghadapi Masa Depan dengan Penyesuaian Sosial Anak-anak Madura. Jurnal Psikologi Pendidikan: Anima. 12, 46, 2007.
Leonard. 2008. Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan
Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika (Survei pada SMP di Wilayah DKI Jakarta),Universitas Indraprasta PGRI
Nawangsari, N.A.F. 2001. Pengaruh Self-Efficacy dan Expectancy-Value terhadap
Kecemasan Menghadapi Pelajaran Matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan: Insan Media Psikologi, 3,2, 2001, 75-88.
Skemp. 1971. The Psychology of Learning Mathematics. England: Penguin Books.
Soehardjono, L. & Endang W.G. 1988. Kecemasan pada Anak dan Remaja.
Majalah Anima: Media Psikologi Indonesia.
Zeidner, M. 1998. Test Anxiety: The State of The Art. New York: Kluwer.
Published
2023-10-12
How to Cite
Doni Andriyan Zunaeidy, Hadi Susiono, Poniman Adiyanto, Hamzah, & Raudhoh Zaini. (2023). Mengelolah Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 2(2), 34-39. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v2i2.84
Section
Articles