PENERAPAN METODE HALAQOH TALQIN SIMA’AI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN 30 JUZ DI PONDOK TAHFIZ ALQURAN NURUL ISLAM BATANG KUIS

  • Hamzah STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Pondok Tahfiz Nurul Islam, Metode Halaqoh, Pembelajaran Alquran

Abstract

Pondok Tahfiz Alquran Nurul Islam dalam pembelajarannya menggunakan metode Halaqoh Talqin Sima’ai yang bertujuan agar murid dapat menguasai Alquran mulai dari cara membacanya dengan baik dan benar sampai dapat menghafalnya kemudian mengulanginya tanpa melihat kepada mushaf. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen yaitu Reduksi data, Penyajian data dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pengajaran menggunakan metode Halaqah dengan memanfaatkan media belajar yang inovatif yaitu pengajar membentuk kelompok belajar murid dengan membentuk lingkaran kemudian melakukan tes membaca, mendengarkan, pengajar membaca lalu murid menirukan, guru membaca bersama-sama murid dan juga tehnik baca simak dan juga didukung pada peran pengajar yang lain sehingga kemampuan menghafal murid yang sebelumnya kurang baik menjadi meningkat lebih baik dari sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Yusuf Al-Hajj. (2018). Mukjizat AlquranYang Tak Terbantahkan.
Kartasura: PT Aqwam Media Profetika.
Al-Hafidz, Ahsin Wijaya. (2000). Bimbingan praktis menghafal al-Qur’an.
Wonosobo: penerbit Amzah.
Hamzah. (2021). Hasil Wawancara kepada santriwan/ santriwati dan pembimbing RTQ Nurul Islam: Batang Kuis, 1 Des 2021.
Haryani, Leni Dwi & Sholeh, Muhtar Arifin. (2019). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Alqur’an Peserta Didik Di Sdit Ulul Al-Bab Weleri. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (2), 47-52.
Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01 (1), 1-13.
Dm. Makhyaruddin, Rahasia nikmatnya menghafal alquran, jakarta selatan: pt mizan publika, 2016.
Saodih, Nana. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shihab, M. Quraish. (2005). Tafsir Al-Mishbah Volume 14. Jakarta: Penerbit Lentera Hati.
Utami & Maharani. (2018). Kelebihan dan Kelemahan Metode Talaqqi dalam Program Tahfiz alquran Juz 29 dan 30 pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5 (2), 185-192.
Yusuf, Ahmad Muhammad. (2009). Ensiklopedia Tematis Ayat Alqurandan Hadits Jilid 3. Jakarta: Widya Cahaya.
Published
2025-02-08
How to Cite
Hamzah. (2025). PENERAPAN METODE HALAQOH TALQIN SIMA’AI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN 30 JUZ DI PONDOK TAHFIZ ALQURAN NURUL ISLAM BATANG KUIS . Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 1(4), 13-20. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v1i4.569
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)