Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

  • Raudho Zaini STAI Raudhatul Akmal
  • Rizky Afriyanti Harahap STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar, Prinsip Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Pendekatan ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema terpadu untuk menciptakan pengalaman belajar yang holistik dan kontekstual. Artikel ini membahas secara mendalam konsep dasar, ciri-ciri, serta prinsip-prinsip dasar pembelajaran tematik yang penting dipahami oleh guru dalam rangka pelaksanaan pembelajaran yang bermakna dan efektif di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian karya sastra melalui analisis dokumen berupa studi pustaka. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berupa penggambaran dari suatu keadaan tertentu dengan menggunakan metode interaktif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis isi. Analisis isi yaitu dengan mencatat dokumen atau arsip yang berkaitan erat dengan tujuan penelitian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2015). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Prenada Media Gorup
Ichsan, A. S. (2020). Rekonsepsi Pendidikan Tahfiz Al Qur’an Melalui Model Learning Styles pada Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran tematik
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpatu Tematik (Teori, Praktik dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya.
Samsudin, S., & Asrofi, M. (2021). Hukuman dalam Pendidikan Islam: Studi atas Dampak Psikologis Anak Usia Dasar dan Citra Guru. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.892.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif (22nd ed.). Alfabeta.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Published
2025-07-20
How to Cite
Raudho Zaini, & Rizky Afriyanti Harahap. (2025). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 2(4), 15-21. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v2i4.653
Section
Articles