Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Pendekatan ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema terpadu untuk menciptakan pengalaman belajar yang holistik dan kontekstual. Artikel ini membahas secara mendalam konsep dasar, ciri-ciri, serta prinsip-prinsip dasar pembelajaran tematik yang penting dipahami oleh guru dalam rangka pelaksanaan pembelajaran yang bermakna dan efektif di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian karya sastra melalui analisis dokumen berupa studi pustaka. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berupa penggambaran dari suatu keadaan tertentu dengan menggunakan metode interaktif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis isi. Analisis isi yaitu dengan mencatat dokumen atau arsip yang berkaitan erat dengan tujuan penelitian
Downloads
References
Ichsan, A. S. (2020). Rekonsepsi Pendidikan Tahfiz Al Qur’an Melalui Model Learning Styles pada Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran tematik
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpatu Tematik (Teori, Praktik dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya.
Samsudin, S., & Asrofi, M. (2021). Hukuman dalam Pendidikan Islam: Studi atas Dampak Psikologis Anak Usia Dasar dan Citra Guru. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.892.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif (22nd ed.). Alfabeta.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Copyright (c) 2025 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.