Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi akademik siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Studi ini melibatkan pengumpulan data melalui survei dan observasi langsung terhadap lingkungan belajar di MI. Faktor-faktor lingkungan belajar yang diteliti meliputi kondisi fisik ruang kelas, fasilitas pembelajaran, dukungan sosial, dan budaya pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis untuk menentukan hubungan antara lingkungan belajar dan prestasi akademik siswa MI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang kondusif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa MI. Faktor-faktor seperti kondisi fisik ruang kelas yang baik, tersedianya fasilitas pembelajaran yang memadai, dukungan sosial yang diberikan oleh guru, teman sebaya, dan orang tua, serta budaya pembelajaran yang inklusif dan kolaboratif, memiliki kontribusi positif terhadap pencapaian akademik siswa. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang baik dan kondusif berperan penting dalam meningkatkan prestasi akademik siswa MI. Rekomendasi yang diusulkan berdasarkan temuan penelitian ini meliputi perbaikan kondisi fisik ruang kelas, peningkatan fasilitas pembelajaran, peningkatan dukungan sosial, dan pembudayaan budaya pembelajaran inklusif dan kolaboratif di MI. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperluas pemahaman tentang pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi akademik siswa MI.
Downloads
References
Arifin, S. (2016). Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Belajar Di Sekolah Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(34).
Hsb, A. A. (2018). Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah. JURNAL TARBIYAH, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.365
Ole, A. A., & Dipan, E. G. (2023). Hubungan kondisi lingkungan belajar di sekolah dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 2(1).
Pratiwi, N. P. E. A., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2018). Korelasi antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3).
Rindaningsih, I., Hastuti, W. D., & Findawati, Y. (2019). Desain Lingkungan Belajar yang Menyenangkan Berbasis Flipped Classroom di Sekolah Dasar. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2452
Sholihah, A., & Kurniawan, R. Y. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. JUPE, 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%25p
Situmorang, Z. R. D., & Latifah, M. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Strategi Pengaturan Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 7(3), 154–163. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.154
Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal PenSil, 9(3), 165–171. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16674
Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196
Copyright (c) 2024 Raudho Zaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.