Implementasi Pendekatan Ketenagakerjaan Dalam Perencanaan Pendidikan Di Pondok Pesantren (Madrasah Aliyah) Nurul Fadhilah

  • Fadhil Ahmad Zaky Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Farhana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hafiz Yusuf Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khoirunnisa Fadila Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Sufni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki Akmalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Implementasi, Perencanaan, Pendekatan Ketenagakerjaan

Abstract

Perencanaan harus mampu melihat bagaimana gambaran masyarakat pada masa yang mendatang dan adalah tugas perencanaan untuk menyesuaikan sistem pendidikan ke arah itu. Problem mendasar dunia ketenagakerjaan Indonesia adalah masalah kesesuaian (link and match) antara kebutuhan dunia kerja terhadap tenaga kerja yang sesuai kompetensinya. Ini bukan cerita lama, yang sudah menjadi faktor lambannya laju penurunan angka pengangguran beberapa tahun terakhir. Oleh karenanya, diterapkan peneketaan ketenagakejaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa pendidikan yang disediakan oleh lembaga pendidikan relevan dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga lulusan dapat siap secara kompetitif dalam memasuki pasar kerja. Dalam artiken ini, dibahas mengenai pengimplementasian pendekatan ketenagakaerjaan pada Pondok Pesantren Nurul Fadhilah yang dimana penelitian ini dilakukan dengan metode metode kualitatif. Hasil dari peneitian ini adalah Pondok Pesantren Nurul Fadhilah melatih dan mengembangan life skill atau keterampilan, yaitu tata boga, tata busana, serta teknik komputer dan jaringan. Santri juga dapat melatih kemampuan dalam berbahasa asing di pondok pesantren yang terdiri dari bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Mandarin dengan harapan para santri mampu bersaing dalam tuntutan kerja dimasa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fadhil Ahmad Zaky, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Manajemen Pendidikan Islam

Farhana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Manajemen Pendidikan Islam

Hafiz Yusuf, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Manajemen Pendidikan Islam

Khoirunnisa Fadila Rambe, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Manajemen Pendidikan Islam

Nurul Sufni, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Manajemen Pendidikan Islam

Rizki Akmalia, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Manajemen Pendidikan Islam

References

Arikunto, Suharsimi (1998). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: CV Rajawali.
French, W., & Tate, A. (2013). Implementasi Pendekatan Ketenagakerjaan Dalam Perencanaan Pendidikan. In-Patient Child Psychiatry: Modern Practice, Research and the Future, 5(4), 143–153. https://doi.org/10.4324/9780203194195-24
Mubin, F. (2020). Pendekatan, Metode, Teknik Perencanaan Pendidikan. 1–16.
Nardawati, N. (2021). Perencanaan Pendidikan Yang Baik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Literasiologi, 6(2), 14–25. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.254
Siahaan, Amiruddin & Rizki Akmalia. (2023). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Sumantri, S., Hndriawan, E., & Rinaldi, F. (2023). Education Strategic Planning : Manpower Planning Approach Study. 7(1), 325–330.
Somantri, Manap (2014). Perencanaan Pendidikan. Bogor: IPB Press.
Wulandari Kartika Pricylia, T. R. T. (2015). FORECASTING PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN Kartika Pricylia Wulandari, Tamara Tahta Raharjo. 135–139.
Published
2023-06-13
How to Cite
Fadhil Ahmad Zaky, Farhana, Hafiz Yusuf, Khoirunnisa Fadila Rambe, Nurul Sufni, & Rizki Akmalia. (2023). Implementasi Pendekatan Ketenagakerjaan Dalam Perencanaan Pendidikan Di Pondok Pesantren (Madrasah Aliyah) Nurul Fadhilah. Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 1(2), 53-59. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v1i2.65
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)