Strategi Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Efektivitas Pengajaran

  • Farhana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fadhil Ahmad Zaky Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Faturrahman Hendli Pamungkas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsabila Yasmin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Strategi Manajemen Kinerja, Efektivitas Pengajaran, Pendidikan, Pengembangan Profesional, Evaluasi

Abstract

Penelitian ini membahas strategi manajemen kinerja yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengajaran di lingkungan pendidikan. Fokus utama penelitian adalah mengeksplorasi berbagai pendekatan manajerial yang dapat diterapkan oleh guru dan manajer pendidikan untuk mengoptimalkan proses pengajaran dan pembelajaran. Dengan mengadopsi prinsip manajemen kinerja, termasuk penetapan tujuan yang jelas, evaluasi berkala, umpan balik konstruktif, dan pengembangan profesional, diharapkan kualitas pengajaran dapat meningkat secara signifikan. Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan bagi para pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang dan mengimplementasikan strategi manajerial yang efektif demi peningkatan hasil pendidikan.

Author Biographies

Farhana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fadhil Ahmad Zaky, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Faturrahman Hendli Pamungkas, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Salsabila Yasmin, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

References

Anwar, M. (2019). Pengaruh Partisipasi Orang Tua Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45–56.

Hakim, L. (2023). Optimalisasi Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Kompetensi Professional Guru: Strategi Dan Tantangan. Global Education Journal, 1(2), 359–370. https://doi.org/10.59525/gej.v1i2.270

Hidayat, A. (2020). Evaluasi Kinerja Sekolah Berbasis Partisipasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(2), 101–113.

Suryani, N. (2019). Peran Evaluasi Kinerja dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 78–85.

Wibowo, A. (2017). Manajemen Kinerja. Rajawali Press.

HR, G. (2024, July 2). Performance Mangement.

Khairani Berutu, I. N. (2024). Penerapan Manajemen KInerjaSekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA PAB 4 Sampali. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam .

Nursam, N. (2017). MANAJEMEN KINERJA. Journal of Islamic Education Management , 168-170.

Fathra, F. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pengajaran Al-Qur’an Dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(2), 213–216.

L, I. (2021). Manajemen Kinerja Berbasis Budaya Religius dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2038–2050. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.396

Monalisa, F. N., Aswaruddin, A., Lestari, E., Adela, R., Ristika, T. I., Gembira, M., & Hasibuan, S. B. (2023). Proses Manajemen Kinerja di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28038–28046.

Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Pengendalian Kinerja Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4614–4618.

Samrin. (2010). Konsep Pengelolahan Pengajaran. Shautut Tarbiyah, 16(1), 90–107.

Wahyuni, R., Khojir, K., & Salehudin, M. (2021). Pembelajaran Berbasis Multimedia (Tinjauan Perencanaan Dan Pengorganisasian Pada Manajemen Kinerja Guru). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 172–198. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.346

Published
2024-12-05
How to Cite
Farhana, Fadhil Ahmad Zaky, Faturrahman Hendli Pamungkas, & Salsabila Yasmin. (2024). Strategi Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Efektivitas Pengajaran. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(1), 1-5. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i1.368