Pendidikan Demokrasi di Indonesia

  • Zesika Meriana Pulungan Universitas Negeri Medan
  • Siska Ajeng Pratiwi Universitas Negeri Medan
  • Putri Anggi Ayura Universitas Negeri Medan
  • Zulia Nazirah Ibra Universitas Negeri Medan
  • Rizka Mufidah Universitas Negeri Medan
  • Octari Audria Manurung Universitas Negeri Medan
  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan
Keywords: Pendidikan, Demokrasi, Indonesia

Abstract

Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kekuasaan berada di tangan rakyat, baik secara langsung maupun melalui perwakilan yang dipilih. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan sumber bibliografi dari buku dan artikel di jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok permasalahan, pembacaan data dengan pemikiran para ahli dengan pendekatan konstruktif dan interpretasi pada isi pokok pembahasan yang diteliti. Adapun hasil pembahasan dalam penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa:  a) Prinsip utama demokrasi mencakup kebebasan berpendapat, kesetaraan di depan hukum, partisipasi aktif warga negara dalam proses politik, dan perlindungan hak-hak minoritas. b) Dalam demokrasi, keputusan diambil berdasarkan mayoritas, tetapi tetap harus memperhatikan hak asasi individu dan kelompok minoritas. Keseimbangan antara kebebasan individu dan kepentingan kolektif menjadi inti dari sistem ini. c) Keberhasilan demokrasi bergantung pada adanya pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan mekanisme pengawasan terhadap kekuasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswandi, B., & Roisah, K. (2019). Negara Hukum Dan Demokrasi Pancasila Dalam Kaitannya Dengan Hak Asasi Manusia (Ham). Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia. Https://Doi.Org/10.14710/Jphi.V1i1.128-145
Budi Purwoko. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library Research Of The Basic Theory And Practice Of Expressive Writing Counseling. Bk Unesa.
Hadi, F. (2022). Negara Hukum Dan Hak Asasi Manusia Di Indonesia. Wijaya Putra Law Review. Https://Doi.Org/10.38156/Wplr.V1i2.79
Indriyani, D. (2017). Hak Asasi Manusia Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, Dan Kewarganegaraan.
Lahera, T., & Dewi, D. A. (2021). Hak Asasi Manusia : Pentingnya Pelaksanaan Dan Penegakan Hak Asasi Manusia Di Indonesia Saat Ini. Journal Civics & Social Studies. Https://Doi.Org/10.31980/Civicos.V5i1.1055
Makrifah, N. (2021). Hak Asasi Manusia Dalam Pandangan Islam. At-Turost : Journal Of Islamic Studies. Https://Doi.Org/10.52491/At.V8i1.52
Malaka, Z. (2021). Ham (Hak Asasi Manusia) Dalam Islam. Jurnal Keislaman. Https://Doi.Org/10.54298/Jk.V2i1.3371
Nadilla, S. (2019). Pelokalan Hak Asasi Manusia Melalui Partisipasi Publik Dalam Kebijakan Berbasis Hak Asasi Manusia. Jurnal Ham. Https://Doi.Org/10.30641/Ham.2019.10.85-98
Sinaga, Osberth. Apiek Gandamana (2024) Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi.Harapan Cerdas 978-602-5799-42-6
Zulhilmi, A. (2022). Demokrasi Dan Hak Asasi Manusia Dalam Pandangan Islam. Jurnal Darma Agung. Https://Doi.Org/10.46930/Ojsuda.V30i2.1670
Published
2024-10-01
How to Cite
Zesika Meriana Pulungan, Siska Ajeng Pratiwi, Putri Anggi Ayura, Zulia Nazirah Ibra, Rizka Mufidah, Octari Audria Manurung, & Sri Yunita. (2024). Pendidikan Demokrasi di Indonesia. Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 2(3), 81-89. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v2i3.347
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)