MEWUJUDKAN GENERASI PANCASILA: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR DALAM PENDIDIKAN INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam sistem pendidikan Indonesia sebagai upaya mewujudkan generasi Pancasila. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila dilakukan melalui integrasi dalam kurikulum, pengembangan Profil Pelajar Pancasila, penguatan pendidikan karakter, dan peran aktif pendidik. Tantangan yang dihadapi meliputi perkembangan teknologi dan perubahan sosial yang menuntut inovasi dalam metode implementasi. Diperlukan sinergi dari berbagai pihak serta evaluasi berkelanjutan untuk mengoptimalkan penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik. Implementasi yang konsisten dan kontekstual diharapkan dapat membentuk generasi penerus bangsa yang memiliki karakter kuat berlandaskan Pancasila.
Downloads
References
Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2021). Membumikan nilai-nilai pancasila dalam dunia pendidikan di Indonesia. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan WawasanKebangsaan, 1(1)..
Nur‘Inayah, N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1-13.
Putri, A. L., Charista, F. D. F., Lestari, S., & Trisiana, A. (2020). Implementasi pancasila dalam pembangunan dibidang pendidikan. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 13-22.
Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Edupedia, 6(1), 55-63.
Copyright (c) 2024 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.