MEWUJUDKAN GENERASI PANCASILA: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR DALAM PENDIDIKAN INDONESIA

  • Dinda Fitriyani UIN Sumatera Utara
  • Dinda Rizky Fadillah UIN Sumatera Utara
  • Siti Adelia Arsita UIN Sumatera Utara
  • Heri Munthe STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Generasi Pancasila; Implementasi; Karakter; Nilai-nilai Pancasila; Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam sistem pendidikan Indonesia sebagai upaya mewujudkan generasi Pancasila. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila dilakukan melalui integrasi dalam kurikulum, pengembangan Profil Pelajar Pancasila, penguatan pendidikan karakter, dan peran aktif pendidik. Tantangan yang dihadapi meliputi perkembangan teknologi dan perubahan sosial yang menuntut inovasi dalam metode implementasi. Diperlukan sinergi dari berbagai pihak serta evaluasi berkelanjutan untuk mengoptimalkan penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik. Implementasi yang konsisten dan kontekstual diharapkan dapat membentuk generasi penerus bangsa yang memiliki karakter kuat berlandaskan Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang
Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2021). Membumikan nilai-nilai pancasila dalam dunia pendidikan di Indonesia. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan WawasanKebangsaan, 1(1)..
Nur‘Inayah, N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1-13.
Putri, A. L., Charista, F. D. F., Lestari, S., & Trisiana, A. (2020). Implementasi pancasila dalam pembangunan dibidang pendidikan. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 13-22.
Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Edupedia, 6(1), 55-63.
Published
2024-08-11
How to Cite
Dinda Fitriyani, Dinda Rizky Fadillah, Siti Adelia Arsita, & Heri Munthe. (2024). MEWUJUDKAN GENERASI PANCASILA: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR DALAM PENDIDIKAN INDONESIA . Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 2(3), 49-54. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v2i3.280
Section
Articles