Model Pembelajaran Efektif Untuk Pencapaian Kompetensi
Abstract
Jika pembelajaran tidak mencapai kompetensi yang dirumuskan, maka pembelajaran tersebut tidak efektif.Bagi para pendidik, bahwa pembelajaran berbasis kompetensi bermakna semua kegiatan pembelajaran harus menuju pencapaian kompetensi.Perbedaan utama kurikulum berbasis isi (KBI) dengan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) adalah bahwa KBK menuntut semua kegiatan perancangan pembelajaran harus dimulai dari perumusan kompetensi.Perumusan materi sebagai kegiatan pada pelaksanaan pembelajaran untuk pencapaian kompetensi. Ketika saatnya penyusunan rencana proses belajar mengajar (PBM) atau proses pembelajaran, yang sebaiknya disusun dalam bentuk skenario, atau proses pembelajaran, yang sebaiknya disusun dalam skenario, diharapkan keluaran atau hasil pelaksanaan rancangan proses pembelajaran adalah kompetensi yang telah dirumuskan.
Downloads
References
__________ (2001), Learning To Teach (Fifth Ed). Boston: Mc.Graw-Hill
__________(2004), Guide to Field Experiences and Portfolio Development to Accompany Learning to Teach, Sixth Edition. Boston:Mc.Graw-Hill Higher Education
Armanto, D. dkk (2004) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Dan Berkonteks Lokal Bagi Guru dan siswa SD/MI di Sumatera Utara. (Penelitian Hibah Bersaing) Medan: UNIMED.
Bodner, M. (1986) Contructivisme: A Theory Of Knowlwgde “ Journal of Chemical Education 63 (10), 873-877
Dahar, R.W. (1988) Konstruktivisme Dalam Mengajar Dan Belajar: Pidato Jabatan Guru Besar Tetap pada FMIPA IKIP Bandung, Bandung.
Harahap, M.B. (2005) Efek Model Pembelajaran Konstruktivisme Kognitif-Sosial Dan Non Konstruktivis Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar Matematika Program S-1 PMIPA LPTK-FKIP Universitas (disertasi). Bandung: PPs UPI Bandung
Joyce, B. et al. (1992). Models Of Teaching (fourth ed) Massachusetts: Allyn and Bacon
-------------------- (2000) Models Of Teaching (Sixth ed) Boston: Allyn and Bacon)
Sinaga, B. (2007) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (Disertasi). Surabaya: PPs UNESA Surabaya
Van dan Berg, Euwe (Editor) (1991).Miskonsepsi fisika dan Remediasi.Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana
Van Heuvelen, Alan (1992) Model Of Learning And Teaching, Cathedrlal Peak, south Africa
Copyright (c) 2023 Eka Zul Wahyudi, Syawaludin Nasution, Budi Suhartono, Uqbatur Khoir Rambe, Zetira Ahmad, Asmar Yamin Dalimunthe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.