Sekolah Sebagai Organisasi Perkembangan Peserta Didik
Abstract
Sekolah sebagai organisasi adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat baik berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.terbentuknya lembaga sosial itu berawal dari individu yang saling membutuhkan kemudian timbul aturan-aturan yang dinamakan norma kemasyarakatan. Keberadaan sekolah yang mewarnai dunia kehidupan manusia saat ini merupakan sebuah keniscayaan peradaban modern yang lekat dengan reknik-reknik pergulatan ilmu ilmu pengetahuan dan aplikasi teknologi mutakhir. Dari segi wujudnya, sekolah merupakan organisasi yang memiliki komponen-komponen dan memenuhi persyaratan sebagai sebuah organisasi formal. Dari beberapa kriteria organisasi, dapat dilihat manifestai spesifik dalam lembaga sekolah.
Downloads
References
Mahmud, Sosiologi Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2012
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung :Remaja Rodaskarya, 2010
T. Rohidi, Pendekatan Sistem Sosial Budaya dalam Pendidikan, (Semarang: IKIP Semarang Press, 1994
Uhar Suhar Saputra, Administrasi Pendidikan, Bandung : Refika Aditama, 2013
Ary Gunawan, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Copyright (c) 2023 Anita Maulidya, Masyitah, Mira Andriyani, Hirawati, Nina Badriyah Gajah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.