Sekolah Sebagai Organisasi Perkembangan Peserta Didik

  • Anita Maulidya STAI Raudhatul Akmal
  • Masyitah STAI Raudhatul Akmal
  • Mira Andriyani STAI Raudhatul Akmal
  • Hirawati STAI Raudhatul Akmal
  • Nina Badriyah Gajah STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Sekolah, Organisasi, Perkembangan Peserta Didik

Abstract

Sekolah sebagai organisasi adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat baik berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.terbentuknya lembaga sosial itu berawal dari individu yang saling membutuhkan kemudian timbul aturan-aturan yang dinamakan norma kemasyarakatan. Keberadaan sekolah yang mewarnai dunia kehidupan manusia saat ini merupakan sebuah keniscayaan peradaban modern yang lekat dengan reknik-reknik pergulatan ilmu ilmu pengetahuan dan aplikasi teknologi mutakhir. Dari segi wujudnya, sekolah merupakan organisasi yang memiliki komponen-komponen  dan memenuhi persyaratan sebagai sebuah organisasi formal. Dari beberapa kriteria organisasi, dapat dilihat manifestai spesifik dalam lembaga sekolah. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Idi, SosioLogi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2011
Mahmud, Sosiologi Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2012
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung :Remaja Rodaskarya, 2010
T. Rohidi, Pendekatan Sistem Sosial Budaya dalam Pendidikan, (Semarang: IKIP Semarang Press, 1994
Uhar Suhar Saputra, Administrasi Pendidikan, Bandung : Refika Aditama, 2013
Ary Gunawan, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Published
2023-10-12
How to Cite
Anita Maulidya, Masyitah, Mira Andriyani, Hirawati, & Nina Badriyah Gajah. (2023). Sekolah Sebagai Organisasi Perkembangan Peserta Didik . Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 2(2), 12-16. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v2i2.81
Section
Articles