Konsep Penilaian Efektif Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Bahasa Indonesia adalah bahasa dinamis yang hingga saat ini terus menghasilkan perbendaharaan kata-kata baru pada mengikuti perkembangan iptek dan seni. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) yang mengandalkan sumber bibliografi dari buku dan artikel di jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep pada suatu evaluasi menunjukkan adanya kemampuan hasil belajar siswa dan prosedur pelaksanaan penilaian sesuai pada kemampuan pencapaian hasil belajar siswa. 2) Ruang lingkup evaluasi pada penilaian diantaranya; belajar tuntas, autentik, berkesinambungan, Menggunakan teknik penilaian yang bervariasi, dan berdasarkan acuan kriteria. Pada hal ini termampu jenis evaluasi pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu; ranah pengetahuan bahasa, ranah sikap, dan ranah keterampilan.
Downloads
References
Ariyana. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.” In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 2019.
———. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, 2019.
Chaniago, Nasrul Syakur, Pangulu Abdul Karim Nasution, And Fauzi Fahmi. “Retorika Keterampilan Dasar Mengajar Guru Di Sekolah.” Hijri, 2021. Https://Doi.Org/10.30821/Hijri.V10i1.11354.
Farhrohman, Oman. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd / Mi.” Jurnal Primary, 2017.
Firmansyah, Firmansyah. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural.” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal Of Social And Cultural Anthropology), 2020. Https://Doi.Org/10.24114/Antro.V5i2.14384.
Halidjah, Siti. “Evaluasi Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2012. Https://Doi.Org/10.26418/Jvip.V2i1.367.
Hapsari, Theresia Pinaka Ratna Ning, And Ade Safri Fitria. “Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Semantika, 2020. Https://Doi.Org/10.46772/Semantika.V2i01.259.
Mularsih, Heni. “Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Sosial Humaniora, 2010.
Purnamasari, Andrita, And Rochmawati. “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Sistem Penilaian Persediaan.” Jurnal Pendidikan, 2015.
Razi, Fakhru. “Konsep Dasar Evaluasi Pendidikan.” Konsep Dasar Evaluasi Pendidikan, 2021.
Riadi, Akhmad. “Problematika Sistem Evaluasi Pembelajaran.” Ittihad: Jurnal Kopertais Wilayah Xi Kalimantan, 2017.
Riwan Putri Bintari, Ni Luh Gede, I Nyoman Sudiana, And Ida Bagus Putrayasa. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik ( Problem Based Learning ) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Amlapura.” E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2014.
Riyanti, Asih. “Parenialisme Sebagai Landasan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Filsafat Indonesia, 2019. Https://Doi.Org/10.23887/Jfi.V2i2.21282.
Suharsimi;, Arikunto; Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Copyright (c) 2023 Hendra Syahputra, Eka Zul Wahyudi, Soleman Lubis, Khairul Fahmi, Fauzi Fahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.