HAFAL TANPA MENGHAFAL ALQURAN DENGAN METODE TIKRAR DI TAHFIDZ AN-NUR DESA SEI BUAH KERAS KEC. MEDANG DERAS
Abstract
Perintah membaca Alquran adalah pekerjaan yang sangat berharga yang bisa melakukan itu diberikan kepada manusia untuk dicapai kemanusiaannya yang sempurna. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan guna mengetahui kemampuan siswa dalam menghafal Alquran melalui metode tikrar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan untuk datanya pada penelitian yang dilakukan ini dengan cara: 1) Observaasi, 2) Wawancara dan 3) Dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang memiliki beberapa bagian antara lain: 1) Mengumpulkan data, 2) Penyederhanaan memilah, 3) Penyusunan dan 4) Menyimpulkan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Tahfidz An-Nur Desa Sei Buah Keras pada saat kegiatan tahfidz anak-anak baik saat setoran hafalan ataupun mengulang hafalan ustadzah ada yang memberikan rewad dan tidak secara verbal, hal ini dapat menjadikan motivasi siswa untuk semangat menghafalakan lagi. 2) Tahfidz An-Nur Desa Sei Buah Keras dalam penerapan metode tikrar pada proses mengulang hafalan yaitu dengan mengulang kembali hafalan yang telah didapat pada hari kamis masing-masing pekan, atau bisa dipahami mereka dalam mengulang hafalan masing-masing pekan pada hari kamis, sedangkan pada kamis terakhir atau kamis pekan ke 4 anak-anak mengulang hafalan yang telah didapat selama satu bulan atau mengulang seluruh hafalan dalam 4 pekan.
Downloads
References
El Iq Bali, M. M., & Fatah, M. A. A. (2023). Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4835
Faisal, M., Marisa, S. N., Fisa, T., Amiruddin, A., & Rahim, R. A. (2023). Optimalisasi Metode Tahsin Al-Qur’an Bagi Pelajar Pada MAN 1 Meulaboh. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i1.1839
Farida Isroani, Ulva Badi Rahmawati, & Fahrurozi. (2022). Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) As Sathi’ Rembang. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.57251/ped.v1i1.391
Ikhwanuddin, M., & Husnah, A. (2021). Penerapan Metode Tikrār Dalam Menghafal Al-Quran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah. https://doi.org/10.52166/tasyri.v28i1.112
J, L. M. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.
Mustafa, M. S. (2016). PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN DI MADRASAH TAHFIDZ AL-QUR’AN AL-IMAM ’ASHIM TIDUNG MARIOLO, MAKASSAR. Al-Qalam. https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.73
Nuruddaroini, M. A. S., Zubaidillah, M. H., Rusiana, R., Hatmiah, H., Izzati, N., & Titasari, A. P. (2022). PROGRAM RUMAH TAHFIZH DI KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.936
Prof.Dr.Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.
Rukin. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.
Sistupani. (2017). Metode Tahfidz Al-Qur’an Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Perspektif : Jurnal Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Suhardi, S., Harahap, L., Wahyudi, H., & Hidayat, H. (2023). Impelementasi Metode Tikrar Dan Sambung Ayat Dalam Meningkatkan Hafalan Al Quran Hadits pada Siswa Kelas XII MAN 2 Pesisir Selatan. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.24014/au.v6i1.20172
Tamrin Talebe, I. (2019). METODE TAHFIDZ ALQURAN. Rausyan Fikr.
Copyright (c) 2025 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.