IMPLEMENTASI KURIKULUM DI INDONESIA:
Antara Harapan dan Kenyataan
Abstract
Implementasi kurikulum merupakan terjemahan kurikulum dokumen menjadi kurikulum sebagai aktivitas atau kenyataan. Implementasi kurikulum diwujudkan dalam bentuk pengalaman belajar dengan prinsip-prinsip yang menjadikannya lebih mudah dan lebih efektif untuk dikomunikasikan ke berbagai pihak seperti pimpinan sekolah, pendidik, pengawas sekolah, dan staf pendukung lainnya. Metode dan jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library reseach) dengan mengumpulkan buku-buku, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang mendukung tema penelitian, di antaranya literatur tentang Kurikulum: implementasi kurikulum, Tahapan-tahapan Implementasi Kurikulum, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum adalah: (a) Karakteristik kurikulum, (b) Strategi implementasi, (c) Karakteristik pengguna kurikulum.
Downloads
References
Katuuk, D. A. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatanimplementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 13–26. Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V1i1.1858
Lazwardi, D. (2017). Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Vol . 7 No. 1, Juni 2017. Jurnal Kependidikan Islam, 1, 99–112.
Maskur, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Jkip), 1(3), 190–203. Https://Doi.Org/10.61116/Jkip.V1i3.172
Nurhayati. (2022). Pengembangan Kurikulum ,Nusa Tenggara Barat: Hamjah Diha Foundation.
Salim Salabi, A. (2022). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievement: Journal Of Science And Research, 1(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.51178/Jsr.V1i1.177
Sholihah, A., Siswanto, A., & ... (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik. Idaarotul Ulum (Jurnal …, 114–133. Https://Jurnal.Stitmugu.Ac.Id/Index.Php/Idaarotul/Article/View/360
Copyright (c) 2025 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.