PARADIGMA PENDIDIKAN DASAR DALAM ISLAM

  • Muhammad Iqbal STIT Hasiba Barus
Keywords: Pendidikan, Pendidikan Dasar, Pendidikan Islam

Abstract

Dalam perkembangannya istilah pendidikan diartikan sebagai bimbingan atau pertolongan yang diberikan seseorang dengan sengaja terhadap anak didik agar ia menjadi dewasa. Tujuan dari penelitian yang dilakukan guna mendeskripsikan bagaimana paradigma pendidikan dasar dalam Islam. Penelitian ini menggunakan jenis studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kajian sumber bibliografi dari buku dan artikel pada jurnal ilmiah. Hasil dalam penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Dasar ideal pendidikan dalam Islam harus bertumpu kepada sumber utama ajaran Islam itu sendiri yaitu, Alqur;an, Sunnah dan Ijtihad. 2) Dasar operasional pendidikan Islam itu terbagi menjadi enam bagian, yaitu: a) Dasar historis, b) Dasar sosial, c) Dasar ekonomi, d) Dasar politik dan administrasi, e) Dasar psikologis, f) Dasar filosofis. 3) Tujuan pendidikan dalam Islam adalah terbentuknya kepribadian muslim seutuhnya. 4) Konsep pendidikan dalam Islam “Tarbiyah”,“Ta’lim”, “Ta’dib”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Rasydin. Falsafah Pendidikan Islam,(Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktek Pendidikan), Medan; Citapustaka Media Perintis,2012
Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta; Ciputar Pers, 2002.
Azra, Azrumadi. Pendidikan Islam (Tradisi Modernisasi Menuju Millenium Baru), ; Jakarta; Logos Wacana ilmu,2002.
A.Bakar, Rosdiana. Pendidikan Suatu Pengantar, Medan; Cita Pustaka Media Perintis, 2008.
Basri, Hasan. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung; CV. Pustaka Setia, 2009).
Hasan Sulaiman, Fatiyah. Sistem Pendidikan versi Al-Ghazali, terj. M. Arifin dan Zainuddin, Jakarta; Rineka Cipta,1986).
Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam Mengahadapi Abad ke 21, Jakarta; Pustaka Al Husna, 1988.
Mardianto. Psikologi Pendidikan (Landasan Bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran), Medan: Citapustaka Media Perintis, 2009.
Mohammad Al-Toumy Al-Syaibani, Omar. Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta; Bulan Bintang, 1997.
Muhammad Ali, Maulana. Islamologi Dinul Islam, (terj) R. Kaelani dan H.M Bachrun, Jakarta; Ichtiar baru-Van Hoeve,1980.
Nasution, Harun. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jakarta; Universitas Indonesia, 1979.
Rasyidi Ridha, Muhammad. Tafsir Al-qur’an Al-Hakim, Tafsir Al-Manar, Juz. VII, (Beirut: Dar Al-Fikr,tt.).
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran (Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar), Bandung; CV. Alfabeta, 2009.
Salminawati. Filsafat Pendidikan Islam, Medan; Citapustaka Media Perintis, 2015..
Syafaruddin dkk. Ilmu Pendidikan Islam (Melejitkan Potensi Budaya Umat), Medan; Hijri Pustaka Utama, 2008.
Tim penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta; Balai Pustaka,1995.
Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003.
Published
2025-08-05
How to Cite
Muhammad Iqbal. (2025). PARADIGMA PENDIDIKAN DASAR DALAM ISLAM. Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 2(4), 28-38. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v2i4.688
Section
Articles