Proses Pendidikan

(Tinjuan Filosofis Historis Filsafat Pendidikan Islam)

  • Syabrun Jukhoir STAI Raudhatul Akmal
  • Irfa Waldi STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Filsafat Pendidikan Islam, Pendidikan Islam, Proses, Pengajaran

Abstract

Pendidikan Islam berarti pembentukan pribadi muslim. Isi pribadi muslim itu ialah pengamalan sepenuhnya ajaran Allah dan rasul-Nya. Tetapi pendidikan muslim tidak akan tercapai atau terbina kecuali dengan proses pendidikan dan pengajaran. Membina pribadi muslim adalah wajib, karena pribadi muslim tidak mungkin akan terwujud kecuali dengan pendidikan. Maka pendidikan itu pun menjadi wajib dalam pandangan Islam.Dalam pendidikan agama Islam baik proses maupun hasil belajar selalu interen dengan keislaman, keislaman melandasi aktivitas belajar, menafasi perubahan yang terjadi serta menjiwai aktivitas berikutnya. Keseluruhan proses belajar berpegangan pada prinsip-prinsip Alquran dan sunah serta terbuka untuk unsur-unsur luar secara adaptif yang ditilik dari persepsi keIslaman. Sedangkan pengajaran adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk menghasilkan perubahan, baik tingkah laku, pengetahuan, ataupun pengeahuan ketrampilan yang positif. Dalam dunia pendidikan dan pengajaran, dimana pengajaran lebih menitikberatkan pada proses transformasi pengetahuan, sementara pendidikan lebih umum dari pengajaran karena di dalamnya tercakup nilai dan sikap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jamily, Fadhil, Menerabas Krisis Pendidikan Islam, Jakarta: Golden Trayon, 1992.
As-Said, Muhammad, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2011.
D. Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif, 1974.
Haetami, M. Iqbal, Mendidik Cara Nabi Saw., terjemahan dari Min Asalib ar-Rasul fi alt-Tarbiyah karya Najib Khalid al-Amir, Bandung: Pustaka Hidayah, 1990.
Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan; Sistem dan Metode, Cet. Ke-9Yogyakarta: Andi, 1997.
Jalaluddin & Umar Said, Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999.
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Mappa, Syamsu, Teori Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1984.
Qomar, Mujamil, Epistemologi Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2005.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Radar Jaya Offset, 1998.
Roqib, Moh., Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LKis, 2009.
Sudiyono, H.M., Ilmu Pendidikan Islam: Jilid 1, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet-7, 2005.
Supriyatno, Triyo, Epistemologi Pendidikan Ibn Qayyim al-Jawziyyah, Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
Yasin, A. Fatah, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sukses Offset, 2008.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Published
2025-05-13
How to Cite
Syabrun Jukhoir, & Irfa Waldi. (2025). Proses Pendidikan. Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 1(4), 94-108. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v1i4.613
Section
Articles