Kepemimpinan dan Budaya Kerja Islami dalam Meningkatkan Kinerja dalam Konteks Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini membahas implementasi kepemimpinan Islami dalam membangun budaya kerja yang baik guna meningkatkan kinerja lembaga pendidikan Islam. Kepemimpinan Islami merupakan pendekatan kepemimpinan yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis. Kepemimpinan ini menekankan prinsip-prinsip seperti siddiq (kejujuran), amanah (kepercayaan), tabligh (komunikasi yang baik), dan fathanah (kecerdasan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur terhadap berbagai sumber ilmiah yang membahas kepemimpinan Islami dan dampaknya terhadap budaya kerja serta kinerja di lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kepemimpinan Islami mampu meningkatkan budaya kerja yang disiplin, jujur, dan bertanggung jawab. Selain itu, kepemimpinan Islami juga berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, saling mendukung, dan memiliki nilai-nilai spiritual yang kuat. Dengan demikian, lembaga pendidikan Islam yang menerapkan kepemimpinan Islami dapat meningkatkan mutu pendidikan baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Kesimpulannya, kepemimpinan Islami memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk budaya kerja yang produktif serta meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan peserta didik di lembaga pendidikan Islam. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan bagi para pemimpin pendidikan Islam guna memperkuat penerapan nilai-nilai kepemimpinan Islami di lingkungan pendidikan.
Downloads
References
Fauzan, M. 2021. Kepemimpinan dalam Islam. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Fauzi, R. 2024. Efektivitas Kepemimpinan Islami di Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 45-60.
Hidayat, R. 2022. Budaya Kerja Islami dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Maulana, A. 2023. Manajemen Kepemimpinan Islam. Bandung: Al Bayan Press.
Nasution, M. 2021. Nilai-Nilai Islami dalam Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Al-Hikmah Press.
Nurhadi, S. 2023. Peran Etos Kerja dalam Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan dan Dakwah Islamiyah, 10(3), 78-92.
Rahman, S. 2024. Pendidikan Islam Berbasis Karakter. Surabaya: Lentera Ilmu.
Syamsuddin, A. 2023. Strategi Kepemimpinan Islami dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: Cahaya Ilmu.
Yusuf, A. 2024. Integrasi Budaya dalam Sekolah Islam. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 17(2), 120-135.
Copyright (c) 2025 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.