Implementasi Supervisi Pendidikan di MIS Sholihin Kecamatan Tanjung Morawa

  • Adelia Ananda Putri STAI Raudhatul Akmal
  • Mira Andriyani STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Implementasi, Pendidikan, Supervisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi supervisi pendidikan di MIS Sholihin,
Kecamatan Tanjung Morawa, Sumatera Utara. Pendidikan memiliki peran penting dalam
meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan supervisi pendidikan merupakan salah satu
elemen yang krusial untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perencanaan supervisi di MIS Sholihin dilakukan dengan baik oleh kepala sekolah, yang
melibatkan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan supervisi akademik. Namun, pelaksanaan
supervisi masih menemui tantangan, seperti kurangnya kreativitas dalam metode pembelajaran
yang digunakan oleh sebagian guru. Kepala sekolah sebagai supervisor memiliki peran yang
sangat penting dalam mengawasi dan meningkatkan kualitas pengajaran melalui pengawasan dan
pembinaan. Meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam implementasi supervisi, peran aktif
kepala sekolah sebagai supervisor diharapkan dapat mendorong perbaikan dan perubahan positif
yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W.,
Daniswara, D. A., … Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi
Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179.
Ahmad, D. Z., Gunawan, A., Suryana, A., & Suherni, E. S. (2023). Pelaksanaan
Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. 5, 73–84.
David Moto Lele1, Deni Setiawan , Sulhadi, (2018). Clinical Supervision Instrument
Development for Junior High School Teacher Based on Android, 7 (1), 94 –
100.
Dwikurnaningsih, Y. (2020). Implementasi Supervisi Akademik di Lembaga Pendidikan
Anak Usia Dini. 4, 182–190.
Fahmi, A. et al. 2022. “Impementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses
Pembelajaran Di Ibtidaiyah Swasta Aisyiyah Wil. SUMUT.” Jurnal Pendidikan
dan Konseling 4(3): 1535–39.
Ganeswara, M. G., & Karmila, N. (2021). IMPLEMENTASI SUPERVISI DI SEKOLAH
DASAR PERTIWI BOGOR. 13, 62–65.
Hasudungan, A. N. (2022). Implementasi Supervisi dan Evaluasi Pendidikan ( Studi
Kasus di SMAN 1 Rupat ). 2(2), 65–74.
Hilal Mahmud, M. M. 2015. Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif).
Karmila, N., & Suchyadi, Y. (2020). Supervisi pendidikan di sekolah alam bogor. 03,
31–33.
Lestari, S. (2022). Supervisi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–
1358.
Mintadji. (2015). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah SMP Negeri di
Tarakan. 3, 82–87.
Mulloh, T., Muslim, A.Q. (2022). Analisis Peran Supervisi Pendidikan Dalam
Meningkatkan. Journal Publicuho, 5(3), 763–775.
Nasution, I., Anggara, A. B., Sagala, C., Hartina, D., Mtd, N. P., & Putra, T. J. (2022).
Implementasi Supervisi Pendidikan Disekolah SMP Negeri 2 Binjai. 3(1), 7–
12.
Nugraha, M. S. 2014. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Madrasah Aliyah
Swasta Di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.” Jurnal Pendidikan Islam 9(1):
39–68.
Rahmawati, O., Poniyah, & Adiyono. (2023). IMPLEMENTASI SUPERVISI
PENDIDIKAN SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Opi. 1(3), 108–119.
Ramadina, R., Siregar, N. S., Tantri, A., & Ubaydillah, M. (2021). Peran supervisi
pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. 4, 187–192.
Sari, S. I., A. L. Ngaba, E. M. Lalupanda, and A. G. P. Aji. 2017. “Pengendalian Dan
Penjaminan Mutu Pengajaran Melalui Supervisi Klinis.” Satya Widya 33(1):
1–10.
Soro, S. H., Handayani, S., Baskara, B. S., Anggraeni, D., Nusantara, U. I., Soekarno,
J., No, H., Buahbatu, K., Bandung, K., & Barat, J. (2022). Implementasi
Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMA Negeri 5 Kota Sukabumi. 04(04),
1350–1356.
Suryani, C. (2015). DALAM MENINGKATKAN PROSES BANDA ACEH. 16(1), 23–42.
Tanal, A. N., & Palopo, I. (2021). Implementasi Supervisi Pendidikan di SDN 246
Rantebelu Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. 2(2), 163–176.
Wiryatmo, R. D., Dwi, Y., Trisatyawati, S., & Artikel, S. (2021). Implementasi
Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru. 4(2).
Published
2024-12-12
How to Cite
Adelia Ananda Putri, & Mira Andriyani. (2024). Implementasi Supervisi Pendidikan di MIS Sholihin Kecamatan Tanjung Morawa. Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 2(3), 109-119. https://doi.org/10.61891/ar-raudah.v2i3.370
Section
Articles