PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM AL-FAHD JAKABARING
Abstract
Perencanaan pembelajaran merupakan aspek penting dalam pembelajaran karena berkaitan langsung dengan proses pembelajaran nantinya. Merencanakan pada dasarnya merupakan proses penentuan kegiatan yang akan dilakukan di masa depan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatur berbagai sumber daya agar hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran PAI di SMA Unggul Islam Al-Fahd. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara kemudian dianalis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencaan pemberlajaran dilakukan oleh guru dengan menyiapkan perencanaan pembelajaran berupa silabus, prota, prosem, dan RPP terlebih dahulu sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai. Perencanaan pembelajaran PAI disusun sesuai dengan tujuan pendidikan islam holistik dimulai dari aspek tujuannya, materi, metode, media, dan evaluasinya.
Downloads
References
Akhsanulhaq, Moh. (2017). No ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP 4 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Quality, 5, 1–14.
Arifudin, Moh., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 146–160. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.3720
Budi, U. C. (2018). Manajemen Pembelajaran. Unnes Press.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hazal Fitri. (2015). Manajemen Pelaksanaan Pembelajaran Ict Di Sd Negeri 46 Kota Banda Aceh. Visipena Journal, 7(2), 184–195. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.332
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Edukasi Nonformal, 1(2), 147–158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434
Novalita, R. (2019). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran terhadap Pelaksanaan Pembelajaran (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim). Lentera, 14(2), 56–61. https://media.neliti.com/media/publications/147059-ID-pengaruh-perencanaan-pembelajaran-terhad.pdf
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.
Rasmi. (2016). Penerapan Manajemen Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MIN Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 11(1), 116–133. http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-izzah/article/view/435
Resdati, & Rizka Hasanah. (2021). Kenakalan Remaja Sebagai Salah Satu Bentuk Patologi Sosial (Penyakit Masyarakat). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 343–354. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.614
Wulansari, P. (2020). Rapprochement Pendidikan Islam Dengan Pendidikan Beparadigma Holistik: Solusi Bagi Problematika Pendidikan Islam Di Era Modern. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(2), 66. https://doi.org/10.18592/msr.v2i2.4314
Copyright (c) 2024 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.