INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN
Abstract
Kurikulum merupakan salah satu komponen penting yang sangat menentukan dalam satuan sistem pendidikan, dan merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. Sebagai konsekuensinya, pelaksana di sekolah harus mengelola kurikulum dengan baik, agar hasil pembelajarannya akan lebih efektif, untuk mewujudkan itu, maka memerlukan manajemen yang baik. Dalam pengelolaan kurikulum sangat dipentingkan tinjauan-tinjauan teoritis dan praktis agar kurikulum yang dikelola dapat selalu sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia, ilmu pengetahuan, teknologi dan perkembangan pribadi subyek didik. untuk mengatasi setiap permasalahan yang muncul dalam lingkungan sekolah khususnya dalam bidang proses belajar mengajar, maka sangat dituntut kebijakan kepala sekolah sebagai manager untuk selalu melibatkan personil-personil sekolah seperti guru, komite sekolah, guru bimpen dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kurikulum, untuk melakukan peninjauan kurikulum secara berkala dengan melibatkan semua stakeholders, tujuan peninjauan kurikulum tersebut, sebagai tujuan efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran yang maksimal.
Downloads
References
Abdullah, Idi, Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Jakarta: PT. Gaya Media Pratama, 1999.
Amalik, Oemar, Kurikulum Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Arifin, M, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
E, Mulyasa, Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Eva Elita Girsang, Semaria, Konsep Inovasi Pendidikan, Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022.
Hamid, Syarif, Pengembanagan Kurikulum, Pasuruan: Garoeda Buana Indah, 2009.
Hasibun, Lias, Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada, 2010.
Kholifah, Nur, dkk., Inovasi Pendidikan, Yayasan Kita Menulis, 2021.
Rusdiana, Konsep Inovasi Pendidikan, Bandung: CV . Pustaka Setia, 2014.
Soetopo, Hendyat dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Subandijah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993.
Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sekolah, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1996.
Sukiman, Pengembangan Kurikulum Peguruan Tinggi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Sukmadinata, Nana, Prinsip dan LandasanPengembangan Kurikulum, Jakarta: Depdikbud, 1988.
Sutikno, Sobry, Inovasi Pendidikan, Mataram: Sanabil Creative, 2021.
Zed, M, Metode peneletian kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor, 2008.
Copyright (c) 2024 Fitriatul Husna, Priana Azhari, Dian Wahyuni, Nabila, Sri Ayu Wandira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.