ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA BERDASARKAN LANGKAH POLYA
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, menggambarkan kemampuan memecahkan masalah siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tes, wawancara, dan dokumentasi. Dari tes yang dilakukan siswa, 3 sampel penelitian dibagi menjadi kategori tinggi, sedang, dan rendah. Dari ketiga sampel tersebut akan diwawancarai, kemudian akan diambil pendokumentasian selama penelitian sebagai bukti yang telah peneliti amati. Setelah pengumpulan data, peneliti akan melakukan analisis data dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengklasifikasikan data, mengklasifikasikan data, membuang data yang tidak terpakai, penyajian data dengan menyusun apa yang telah diperoleh, dan terakhir menarik kesimpulan dalam bentuk kalimat.yang diperoleh dari menu data. Hasil penelitian menunjukkan: siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi kurang teliti dalam menentukan rumus, siswa dalam kategori tidak memeriksa kembali penyelesaian yang telah ditetapkan dan juga kurang teliti dalam menulis kesimpulan pada satu masalah, dan siswa dengan masalah katup rendah kemampuan pemecahan, masih kurang mampu memahami masalah, merencanakan masalah, memecahkan masalah dan mengkaji ulang
Downloads
References
Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal
Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2) : 1072–1082.
Ani, E. U., & Rahayu, P. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berbentuk Soal Cerita Materi Bangun Ruang. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1): 40.
Fazzilah, E., & Effendi, K. N. S. (2020). Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Pada Soal Pisa Like. Journal Unsika : 883–891.
Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4) : 786–792.
Handayani Z, K. (2017). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. Semnastika Unimed, 325–330.
Isnaini, Y., & Pujiastuti, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Kemampuan Visualisasi Spasial. Edumatsains, 5(1): 51–64.
Khairunnisa; Ramlah. (2021). Mengerjakan Soal Pisa Ditinjau Berdasarkan. 4(2) : 445–452.
Copyright (c) 2022 Doni Andriyan Zunaeidy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.