Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Dalam Persfektif Sosiologi Pendidikan Islam
Abstract
Kepribadian dapat didefinisakan sebagai ciri watak seorang individu yang konsisten, yang memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu yang mandiri. Pembentukan kepribadian seseorang individu sangat di pengaruhi oleh kebudayaan masyarakat tempat individu menjadi anggotanya. Dalam proses sosialisasi manusia berkembang menjadi suatu pribadi atau makhluk sosial. Sosialisasi tejadi apabila terdapat media yang menjembatani seseorang dalam mengenal sistem nilai dan sistem norma yang ada dalam kehidupan nyata. Faktor yang mempengaruhi Sosialisasi adalah Sifat dasar, Lingkungan prenatal, Perbedaan individual, Lingkungan, Motivasi. Adapun Faktor yang mempengaruhi Kperibadian adalah : Faktor biologis, Faktor geografis, Faktor lingkungan, Faktor budaya dan Faktor Sosial. Ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh seorang muslim sehingga dikatakan seorang yang berkepribadian baik adalah : Aidah yang bersih, Ibadah yang benar, Akhlak mulia, menjaga waktu, menjaga fisik, intelektual (Bepikir Cerdas), Tidah terikut oleh hawa nafsu, Berusaha dengan sungguh-sungguh, tertatur dalam segala urusan dan Bermanfaat bagi orang lain.
Downloads
References
Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara, 1995, Cet. Ke- 3,
Damsar, Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Kencana
H.A.R. Tilaar, Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002, Cet. Ke-1,
H.E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosdakarya, 2008
J. Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto, Sosilogi : Teks Pengantar dan Terapan, Jakarta: Kencana Prenada, 2007
Kamanto Sunarto, Pengantar Sosiologi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007, Cet. Ke-1, h.
Copyright (c) 2022 Anita Maulidya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.