PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI SEKOLAH DASAR

  • Ratika Yani STAI Raudhatul Akmal, Deli Serdang, Sumatera Utara
Keywords: Guru, Al-Qur'an, Sekolah Dasar

Abstract

Peran guru dalam meningkatkan Pembelajaran Al Quran di sekolah sangat penting khususny adalah guru Agama Islam.  Peran guru Pendidikan Agama Islam adalah memberikan pengajaran Al-Qur’an terhadap siswa dengan menentukan materi yang ingin di sampaikan, menentukan motode yang ingin digunakan, memberikan tugas kepada siswa, memberikan dorongan kepada siswa agar bersungguh-sungguh, dan memberikan nasehat kepada siswa. Peran guru pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing bagi peserta didik. Kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an adalah kesanggupan siswa dalam baca tulis AlQur’an dengan baik, lancar dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta memahami kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Hal ini guna menggali informasi yang akan menjadi dasar dari rancangan teori yang muncul. Data diperoleh dari bukubuku, jurnal, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran Guru PAI dalam meningkatkan Baca Tulis AlQur’an Siswa Kelas II di SD Swasta Pelita Desa Dalu Sepuluh B Kec. Tanjung Morawa dapat dikategorikan baik. Hal ini dilihat dari peran guru PAI di SD Swasta Pelita Desa Dalu Sepuluh B Kec. Tanjung Morawa, guru sebagai motivator, pengajar, dan pendidik dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode hafalan, tutor sebaya, face to face, demonstrasi, dan metode imla’. Salah satu faktor pendukung dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yaitu adanya kesadaran diri dari siswa-siswi akan pentingnya Baca Tulis Al-Qur’an. Kemudian, salah satu faktor penghambat dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yaitu terbatasnya waktu belajar disekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Ali. (2022). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Eksperimental : Media Ilmiah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.58645/eksperimental.v10i2.219
Adelia, M. (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Siswa SD dalam Membaca Al-Qur’an di
Yayasan Sabilul Khayr Al Ibana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1349–1358.
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5179
Ahdhianto, E., Masula, S., & Thohir, M. A. (2022). Program Pengintegrasian Teknologi dalam
Pembelajaran untuk Guru SD/MI Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Jurnal ABDINUS :
Jurnal Pengabdian Nusantara. https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.17704
Aini, A. N., Muchtar, M., & Rini, T. A. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada
Implementasi Aspek 4C’s di Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan
Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um065v2i92022p856-868
Akhyanto, A., Suarna, N., & Purnamasari, A. I. (2022). Game Edukasi Ilmu Tajwid berbasis Android
menggunakan Metode ADDIE untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Informatika Terpadu.
https://doi.org/10.54914/jit.v8i2.571
Amelia S, T. P., Irman, I., & Fitriani, W. (2022). Optimalisasi Peran Konselor Sekolah Era Merdeka Belajar.
Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6687
Angelina, J. M. (2021). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan.
Apriansyah, R., & Lindawati, Y. I. (2022). Analisis Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Daring dimasa
Pandemi Covid-19. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Arifin, S., & Muslim, M. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan
Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam.
Arifin, Z. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII
Madrasah Tsanawiyah Berbasis Android. JEID: Journal of Educational Integration and Development.
https://doi.org/10.55868/jeid.v2i4.110
Astuti, W., & Nugraheni, R. (2021). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran. Jurnal
Ihtimam. https://doi.org/10.36668/jih.v4i2.307
Published
2025-08-04
Section
Articles