STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN PADA ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini membahas tentang minat generasi muda dalam belajar Al-Qur’an di madrasah ibtidaiyah ( MI ).dan bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dan siswi dalam membaca dan menulis Al-Qur’an dengan mudah.oleh karena itu,diperlukan strategi atau cara pembelajaran yang menarik agar anak lebih termotivasi untuk mempelajari Al-Qur’an.metode yang digunakan adalah studi pustaka dan menganalisis melalui berbagai sumber yang relevan.hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran yang kreatif,seperti metode bermain sambil belajar dan metode hafalan yang menyenangkan dapat meningkatkan minat belajar Al-Qur’an pada anak-anak.selain itu peran orang tua dan lingkungan sekolah juga berpengaruh positif terhadap minat belajar Al-Qur’an pada anak madrasah ibtidaiyah.
Downloads
References
Djul Fadli,A.,& Maya, R. ( 2018 ). Upaya Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Anak dalam Keluarga.Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI )Al-Hidayah Bogor, 13
Hidayat.N. (2023) Upaya Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Belajar.Jurnal Inovasi dan Pembelajaran,1 (1),29-33
Hidayattullah,M. ( 2019 ). Pendidikan Krakter dalam Sistem Pendidikan Indonesia.Pustaka Belajar.
Khotimah,Sita Husnul;Sunaryati;Titin;Suharti,Sri. Penerapan Media Gmabar Sebagai Upaya Meningkatkan Kosentrasi Pembelajaran Anak Usia Dini,Jurnal Obsesi.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,2020,5,1:676.
Mulyasa,E. (2006 ). Manajemen Bebaris sekolah: Konsep,Strategi, dan Implementasi.
Ningtyas, Icha,Resita,Syafari;Wahyuni;Belti,Dian. Hubungan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Minat Belajar dengan Kemampuan Memecahkan Soal Matematika Bagi Siswa.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 2020
Copyright (c) 2025 Ika Ayu Anzani Surbakti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.