PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGATASI DEKADENSI MORAL REMAJA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peranan pendidikan agama Islam ini dalam mengatasi dekadensi moral remaja, serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat, untuk mengetahui apa saja penyebab terjadinya minus akhlak atau moral di kalangan remaja, untuk mengetahui hambatan apa sajakah yang ditemui dalam pelaksanaan pendidikan agama untuk mengatasi dekadensi moral serta bagaimana penanggulangannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawacara, angket, dan studi dokumen. Ada dua faktor penyebab timbulnya dekadensi moral, yaitu Faktor intern yaitu kurangnya kasih sayang ibu bapak terhadap anaknya, suasana rumah tangga yang kurang aman dan minimnya pendidikan agama dalam lingkungan keluarga. Faktor ekstern yaitu pengaruh yang datang dari lingkungan yang kurang baik serta pengaruh kebudayaan asing yang bertentangan dengan norma-norma agama. Mengamalkan ajaran-ajaran agama adalah suatu hal kewajiban bagi umat Islam untuk mendapatkan ketengan dalam hidupnya di dunia dan untuk mencapai kebahagiaan di akhirat. Usaha-usaha yang dilaksanakan dalam menanggulangi dekadensi moral remaja antara lain harus lebih meningkatkan mutu pendidikan agama baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Downloads
References
Ridwan, N. (2022). Peran Pendidikan Islam dalam Menanggulangi Dekadensi Moral di SMP Muhammadiyah Limbung Gowa. Matan : Jurnal Islam dan Masyarakat Muslim
Marwah, A., & Nst, k. A.(2019). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dekadensi Moral (Studi Kasus Desa Melati II Kec. Perbaungan kab. Serdang Bedagai). JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama
Anwar, S., & Salim, A. (2018). Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam
Agustin, Nella, dkk, (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD press
Copyright (c) 2025 Zahra Mutia Syahna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.