Hakikat Penghargaan (Reward) Dalam Pendidikan Islam

  • Fitri Aisah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khairil Idham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Novita Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azizah Hanum Ok Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Hakikat, Penghargaan, Reward, Pendidikan Islam

Abstract

Reward (penghargaan) merupakan reaksi pendidikan atas perbuatan yang telah dilakukan oleh anak didik, penghargaan diberikan sebagai unggapan rasa senang dan bangga atas perbuatan baik dan prestasi anak, tetapi jangan sampai menebalkan sifat materialisnya. Studi ini akan memberikan wawasan terhadap pentingnya reward (pujian) dalam kaitannya terhadap pendidikan terutama dalam bidang pendidikan Islam. Disadari bahwa metode pembelajaran dengan reward dapat mendorong siswa untuk memiliki motivasi dalam belajar. Adapun reward ini merupakan teknik menyentuh sisi psikis seseorang agar memiliki optimis jika dilakukannya benar dan potensi semangatnya akan meningkat. Setiap metode pembelajaran pada umumnya bertujuan untuk memudahkan sebuah proses pelaksanaan pendidikan agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan secara maksimal. Reward adalah bagian dari prose cara/metode mengajar seorang pendidik. Reward juga merupakan teknik untuk menyentuh sisi psikis seseorang dan peserta didik agar dia akan terus opitimis jika yang dia lakukan itu benar. Reward berisi didalamnya nilai motivasi dan peringatan bagi umat manusia untuk terus berbuat dengan usaha secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitri Aisah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

Khairil Idham, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

Novita Sari, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

Azizah Hanum Ok, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

References

Ahmad Suhaimi, Hakikat Reward and Punishment Dalam Pendidkan Islam. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Valid Jurnal Ilmiah.

Al-Quranul Karim

Arief Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT Intermasa.

Irawati Istadi, 2002, Istimewakan Setiap Anak. Jakarta: Pustaka Inti

Irawati Istadi, 2003, Prinsip-Prinsip Pemberian Hadiah & Hukuman. Jakarta: Pustaka Inti.
Jafar, M. Irsal, 2020, Pengaruh Pemberian Penghargaan (Reward) Terhadap Motivasi Belaar Siswa Kelas VIII Pada Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Balocci Kabupaten Pangkep. Makassar:

Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar.

John M. Echols dan Hasan Shadily

John W. Santrock, 2015, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Muhammad Suwaid, 2006, Mendidik Anak Bersama Nabi Saw. Solo: Pustaka Arafah

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puji Rahmadi P, MA, Rewrad dan Punishment Dalam persfektif Pendidikan Islam. Staf Pengajar Fakultas Agama Islam Unpab. Medan.

Robert E. Slavin, 2011, Psikologi pendidikan. Jakarta: Indeks.

Rusdiana Hamid, 2006, Reward Dan Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan.

Yopi Nisa Febianti, 2018, Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Prodi Pendidikan Ekonomi Unswagati Cirebon. Cirebon: Jurnal Edunomic
Published
2023-01-05