Hakikat Evaluasi Pendidikan Islam

  • Indah Sahmauli Kaloko
  • Dea Ayu Pitaloka Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fanny May Sarah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azizah Hanum Ok Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Hakikat, Evaluasi, Pendidikan Islam

Abstract

Evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk
membuat alternatif-alternatif keputusan. Di sisi lain, evaluasi juga merupakan salah satu komponen sistem
pembelajaran/pendidikan. Artinya evluasi merupakan kegiatan yang tak terelakan dalam setiap kegiatan atau proses
pembelajaran. Dalam program evaluasi yang bertujuan bagaimana kita bisa mengetahui potensi peserta didik yang
cerdas dan yang lemah, hal ini pun yang menguji peserta didik layak tidak nai dalam tingkatan kelas atau pun tidak.
Tujuan evaluasi pun bukan anak didik saja, melainkan untuk dapat mengevaluasi pendidik, dengan begitu sejauh
mana pendidik bisa mampu dalam bersungguh-sunggu untuk menjalankan tugas dalam mencapai tujuan pendidikan
Islam. Adapun prinsp-prinsip umumnya seperti Valid: Evaluasi mengukur apa saja yang seharusnya dikukur dengan
menggunakan jenis tes yang terpercaya dan shalih, artinya adanya kesesuaian alat ukur dengan fungsi pengukuan dan
sasaran pengkuran. Berorientasi kepada kompetensi: Evaluasi harus memiliki pencapaian kompentensi peserta didik
yang meliputi seperangkat sikap keterampilan dan nilai yang terefleksi dan nilai yang terefleksi dalam kebiasaan
berfikir dan bertindak. Berkelanjutan: Evaluasi harus dilakukan secara terus menerus dari waktu ke waktu untuk
mengetahui secara menyeluruh perkembangan peserta didik, sehingga kegiatan dan unjuk kerja peserta didik dapat
dipantau melalui penilaian. Menyeluruh: Evaluasi harus dilakukan secara menyelurh, yang mencakup aspek kognitif,
afektif, dan psikomotorik dan meliputi seluruh materi ajar serta berdasarkan pada strategi dan prosedur penilaian,
dengan berbagai bukti tentang belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dea Ayu Pitaloka, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

Fanny May Sarah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

Azizah Hanum Ok, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

References

Rahmat. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Bening Pustaka
Iftitah, Selfi Lailiyatul. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini: Duta Media Publishing
Ihsan, H. Hamdani & H.A Fuad Ihsan. (1998). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka
Setia
Sudijono, Anas. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. (1989). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
Daryanto. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Suhendri. (2018). Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Medan:
Almufirada
Ardi, N & Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Nata, Abuddin. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: logos Wacana Ilmu
Published
2023-01-05