Hakikat Hukuman Dalam Pendidikan Islam

  • Anggi Ratulangi
  • Sindi Sahputri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fadli Abidin Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azizah Hanum Ok Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Hakikat, Hukuman, Pendidikan Islam

Abstract

Dalam dunia pendidikan, hukuman diberikan kepada peserta didik yang telah melanggar aturan dan berbuat
kesalahan. Hukuman diberikan bertujuan untuk menyadarkan peserta didik untuk tidak melakukan kesalahan yang
sama. Hukuman bukan bermakna siksaan ataupun penderitaan. Hukuman yang diberikan harus berlandaskan
undang-undang. Seorang pendidik yang menanamkan nila-nila Islam dalam setiap proses pengajaran dan
pembelajarannya tentua ia tidak akan memberikan atau menjatuhkan hukuman dengan amat berat. Dalam Islam pun
kita diajarkan untuk selalu menyayangi dan mengasihi sesama makhluk di muka bumi. Pemberian hukuman yang
berat akan membuat peserta didik bersifat anarkis. Hal itu dikarenakan mereka yang senantiasa diberikan hukuman
bak fisik maupun non fisik yang terlalu memberatkan atau bahkan menjatuhkan mental peserta didik tersebut. Oleh
sebab itu, dalam makalah ini kami membahas terkait hakikat hukuman dalam pendidikan Islam mula dari pengertian,
tujuan sampai kepada bentuk-bentuk hukuman. Sebagai calon pendidik, sudah seharusnya kita memahami terkait
hakikat hukuman dalam pendidikan Islam. Hal bertujuan ke depannya bagaimana cara kita mengimplentasikan
hukuman (punishment) dengan baik berlandaskan aturan yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sindi Sahputri, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

Fadli Abidin Harahap, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

Azizah Hanum Ok, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tadris IPS

References

Hanum, Azizah. 2018. Filsafat Pendidikan Islam (Sebuah Pengantar). Medan: CV. Scientifik Corner
Publishing.
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rasyidin, Al. 2008. Falsafah Pendidikan Islami, Membangun Kerangka Ontologi Epistomologi, dan Axiologi
Praktik Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Purwanto, M. Ngalim. 1995. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suwanto. 1985. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Baru.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan
Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Ramayulis. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Binti Maunah. 2009. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Yogyakarta: Teras.
Ahmad Wardi Muslich. 2005. Pengantar dan Asas Hukum Pidana Islam. Jakarta: Sinar Grafika
Offset.
Asma Hasan Fahmi. 1979. Sejarah Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Published
2023-01-05
Section
Articles