PENERAPAN METODE KARYAWISATA PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Dalam pembelajaran masih bersifat monoton membuat peserta didik kurang tertarik dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru sehingga pembelajaran tidak efektif dan seefisien, oleh sebab itu perlu adanya pengembangan metode. Pada metode karya wisata ini cocok digunakan terkait lingkungan karena metode karyawisata adalah cara mengajar yang yang dilaksanakan dengan mengajak seluruh siswa ke luar kelas mengunjungi satu lokasi/objek nyata. Dari fokus masalah dalam penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur (literature study). berkenaan dengan metode karyawisata dengan pengumpulan data, membaca mecatatat serta mengelola data penelitian secara obyektif, sistematis dan analitis tentang model pembelajaran karyawisata untuk pada pembelajaran PKN materi Pemerintah Kota sesuai dengan yang digharapkan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pemerintahan Kota.
Learning is still monotonous, making students less interested and paying less attention to the teacher's explanations so that learning is not as effective and efficient, therefore there is a need for method development. This field trip method is suitable for use in relation to the environment because the field trip method is a way of teaching that is carried out by inviting all students outside the classroom to visit a real location/object. From the focus of the problem in this research, this research uses literature study research. with regard to field trip methods by collecting data, reading notes and managing research data objectively, systematically and analytically regarding field trip learning models for PKN learning City Government material in accordance with expectations. The purpose of this article is to determine the application of the field trip method to improve learning outcomes for city government material.
Downloads
References
Della Alfiani, Djoko Hari Supriyanto, Widya Trio Pangestu. (2022). PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NGLENCONG KECAMATAN SINE di Ngawi, Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dasar, 05 (1), 57-64.
Eka Prihatin. 2008. Guru Sebagai Fasilitator. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada.
Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algasindo
Nurmaliah, N., Ilyas, S., & Apriana, E. (2018). Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 23. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.231
Pupuh Fathurrohman. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Surianah. (2016). PENERAPAN METODE KARYA WISATA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS 1.C SD NEGERI 9 AMPENAN. 5, 1–23. I Gusti Ayu Nedya Sanistyasari, Made Putra,Ni Wayan Suniasih. ( 2019 ). PENGARUH METODE KARYAWISATA FANTASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH BERBANTUAN MAJALAH DINDING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesi, 3 (1).
Tim Panitia Sertifikasi Guru Rayon 38. 2011. Pendidikan dan Pelatihan Guru (PLPG). Yogyakarta: USD
Copyright (c) 2025 nazla Khalishah Derfi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.