Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN Kelas IV

  • Intan Dewi Fahlupi STAI Raudhatul Akmal
  • Muhammad Azhari STAI Raudhatul Akmal Barang Kuis
  • Mira Andriyani STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Strategi Pembelajaran, Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn

Abstract

Strategi pembelajaran kooperatif jenis jigsaw adalah pendekatan yang enerapkan sistem pengelompokan atau tim, di mana setiap kelompok terdiri dari beberapa siswa dengan berbagai latar belakang dan tingkat kemampuan akademik. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berfokus pada pemahaman tentang negara dan bagaimana menjadi warga negara yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran PKn siswa kelas IV MIS BKM Nurul Iman? Pada siklus I peneliti menerapkan strategi kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PKn, pada siklus I ini terdapat 8 (34,78%) dan aktivitas siswa mendapatkan hasil 68,69%, dengan hasil pada siklus I ini, peneliti melanjutkan penelitian ke siklus II dengan menerapkan beberapa perbaikan, yaitu: menjelaskan kembali materi dengan mengaitkannya kepada kehidupan sehari-hari dan menguji kemampuan siswa secara individu melalui bertanya jawab langsung kepada masing-masing siswa. Pada siklus II siswa yang mendapatkan hasil belajar tuntas atau mendapatkan nilai KKM mencapai 23 (100%) siswa dan untuk tingkat ketuntasan belajar siswa, terdapat 8 (34,78%) siswa mendapatkan ketuntasan Belajar sangat baik, 12 (52,17%) siswa mendapatkan ketuntasan belajar tinggi dan (13,04%) siswa mendapatkan ketuntasan belajar sedang. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Author Biographies

Intan Dewi Fahlupi, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Muhammad Azhari, STAI Raudhatul Akmal Barang Kuis

Pendidikan Agama Islam

Mira Andriyani, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2009). Panduan proses pembelajaran kreatif dan inovatif (h. 2). Jakarta: AV Publisher.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan pembelajaran 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.

Fauzi, I., & Srikantono. (2013). Pendidikan kewarganegaraan (civic education). Jember: Superior Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial.

Hakim, L., dkk. (2021). Strategi belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif sebagai pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2).

Hasan, M. I. (2003). Pokok-pokok materi statistik 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harefa, E., dkk. (2024). Buku ajar teori belajar dan pembelajaran. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Isjoni. (2010). Cooperative learning. Bandung: Alfabeta.

Jannah, S. R., & Nur Aisyah. (2021). Strategi pembelajaran kooperatif (kooperatif learning) guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1).

Junaedi, dkk. (2009). Pendidikan kewarganegaraan. Surabaya: Amanah Pustaka.

Kementerian Agama RI. (2017). Al-Qur'an dan terjemahan. Jawa Barat: Sygma Creative Media Corp.

Lewang, S., dkk. (2023). Model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). Makkasar: Chakti Pustaka Indonesia.

Mu'alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian tindakan kelas teori dan praktik. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Mulyasa, E. (2004). Implementasi kurikulum 2004 panduan pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mahmud, & Priatna, T. (2008). Penelitian tindakan kelas teori dan praktik. Bandung: Tsabita.

Nanda, I., dkk. (2021). Penelitian tindakan kelas untuk guru inspiratif. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Nurhadi. (2012). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Nurmawati. (2016). Evaluasi pendidikan islami. Bandung: Citapustaka.

Purwanto, M. N. (2014). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. S. (2010). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Syah, M. (2012). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran PKN di sekolah dasar. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Ummyssalam. (2017). Buku ajar kurikulum bahan dan media pembelajaran PLS. Yogyakarta: Deepublish.

Wardani, I. U., dkk. (2023). Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Gulo, W. (2005). Metodologi penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Zainiyati, H. S. (2010). Model dan strategi pembelajaran aktif. Surabaya: Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN Press Sunan Ampel.

Zaini, H., dkk. (2010). Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: CTSD.

Published
2025-05-31
How to Cite
Intan Dewi Fahlupi, Muhammad Azhari, & Mira Andriyani. (2025). Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN Kelas IV. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(3), 218-235. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i3.440