https://ojs.staira.ac.id/index.php/raudah/issue/feedAr-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan2025-09-12T18:20:25+07:00Rizky Rinaldi, M.Komlp2m@staira.ac.idOpen Journal Systems<p align="justify"><strong>Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan</strong> adalah jurnal nasional, yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu pendidikan dan keagamaan namun tak terbatas secara implisit serta ada biaya dalam proses submisi hingga publikasi.</p> <p align="justify"><strong>Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan</strong> menerbitkan paper secara berkala 2 kali setahun yaitu pada bulan <strong>Juni</strong> dan <strong>Desember</strong>.</p>https://ojs.staira.ac.id/index.php/raudah/article/view/651Pengembangan Instrumen Evaluasi2025-09-12T18:20:25+07:00Anri Saputraanri.saputra2992@gmail.comMayuridaanri.saputra2992@gmail.com<p>Penilaian memegang peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena berfungsi untuk menilai sejauh mana kemampuan peserta didik sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang pengembangan instrumen evaluasi pada jenjang MTs/SMP dalam penerapan Kurikulum Merdeka, melalui pendekatan penelitian kepustakaan <em>(library resecah)</em> dengan metode analisis deskriptif. Dari hasil telaah pustaka, terlihat bahwa proses penyusunan instrumen evaluasi pada satuan pendidikan ini masih menghadapi berbagai kendala, seperti kurangnya pemahaman pendidik mengenai konsep validitas dan reliabilitas instrumen, serta pelaksanaan penilaian autentik yang belum berjalan optimal. Penelitian ini menekankan perlunya instrumen evaluasi yang mampu mengukur kemampuan peserta didik secara komprehensif, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta relevan dengan semangat Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kompetensi guru, penyusunan petunjuk operasional teknis yang lebih matang, serta kolaborasi antar pemangku kepentingan pendidikan untuk membangun sistem penilaian yang akurat, adil, dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan peserta didik.</p>2025-07-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaanhttps://ojs.staira.ac.id/index.php/raudah/article/view/653Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar2025-09-12T18:20:09+07:00Raudho Zainifauzifahmi76@yahoo.comRizky Afriyanti Harahapfauzifahmi76@yahoo.com<p>Pembelajaran tematik merupakan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Pendekatan ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema terpadu untuk menciptakan pengalaman belajar yang holistik dan kontekstual. Artikel ini membahas secara mendalam konsep dasar, ciri-ciri, serta prinsip-prinsip dasar pembelajaran tematik yang penting dipahami oleh guru dalam rangka pelaksanaan pembelajaran yang bermakna dan efektif di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian karya sastra melalui analisis dokumen berupa studi pustaka. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berupa penggambaran dari suatu keadaan tertentu dengan menggunakan metode interaktif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis isi. Analisis isi yaitu dengan mencatat dokumen atau arsip yang berkaitan erat dengan tujuan penelitian</p>2025-07-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaanhttps://ojs.staira.ac.id/index.php/raudah/article/view/670PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU PAUD2025-09-12T18:19:51+07:00Nelly Agustinanely@gmail.comWinda Safitrinely@gmail.comMelly Indah Sarinely@gmail.comNoviyanti Tarigannely@gmail.com<p>Sumbeir Daiyai Mainusiai (SDM) saingait peinting baigi keimaijuain suaitu neigairai, teirutaimai di bidaing peindidikain ainaik usiai dini (PAiUD). Studi ini meingkaiji baigaiimainai Mainaijeimein Sumbeir Daiyai Mainusiai (SDM) meimbaintu guru PAiUD meinjaidi leibih baiik, kaireinai meireikai beirpeirain peinting dailaim meinciptaikain geineiraisi peineirus yaing ceirdais dain beirmairtaibait. Studi ini meinggunaikain peindeikaitain kuailitaitif dain dairi beibeiraipai jurnail untuk meingumpulkain dain meingkaiji informaisi yaing reileivain. Studi ini meinunjukkain baihwai mainaijeimein SDM yaing baiik, teirmaisuk peireikrutain, peilaitihain, eivailuaisi kineirjai, dain peimbeiriain dukungain, saingait peinting untuk meiningkaitkain mutu peindidikain. Keitikai guru beirkuailitais, ainaik-ainaik beilaijair dain beirkeimbaing seicairai sosiail deingain leibih baiik, dain lingkungain beilaijair meinjaidi positif. Studi ini meinyoroti baihwai peiningkaitain kuailitais guru PAiUD aidailaih tugais seimuai pihaik, teirmaisuk seikolaih, oraing tuai, dain maisyairaikait, dain hail ini daipait meiningkaitkain mutu peindidikain ainaik usiai dini seicairai signifikain.</p>2025-08-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaanhttps://ojs.staira.ac.id/index.php/raudah/article/view/688PARADIGMA PENDIDIKAN DASAR DALAM ISLAM2025-09-12T18:19:29+07:00Muhammad Iqbalff2556319@gmail.com<p>Dalam perkembangannya istilah pendidikan diartikan sebagai bimbingan atau pertolongan yang diberikan seseorang dengan sengaja terhadap anak didik agar ia menjadi dewasa. Tujuan dari penelitian yang dilakukan guna mendeskripsikan bagaimana paradigma pendidikan dasar dalam Islam. Penelitian ini menggunakan jenis studi kepustakaan (<em>library research</em>). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kajian sumber bibliografi dari buku dan artikel pada jurnal ilmiah. Hasil dalam penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Dasar ideal pendidikan dalam Islam harus bertumpu kepada sumber utama ajaran Islam itu sendiri yaitu, Alqur;an, Sunnah dan Ijtihad. 2) Dasar operasional pendidikan Islam itu terbagi menjadi enam bagian, yaitu: a) Dasar historis, b) Dasar sosial, c) Dasar ekonomi, d) Dasar politik dan administrasi, e) Dasar psikologis, f) Dasar filosofis. 3) Tujuan pendidikan dalam Islam adalah terbentuknya kepribadian muslim seutuhnya. 4) Konsep pendidikan dalam Islam <em>“Tarbiyah”,“Ta’lim”, “Ta’dib”</em>.</p>2025-08-05T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaanhttps://ojs.staira.ac.id/index.php/raudah/article/view/689IMPLEMENTASI KURIKULUM DI INDONESIA:2025-09-12T18:19:13+07:00Ferizalferi.naluma05@gmail.com<p>Implementasi kurikulum merupakan terjemahan kurikulum dokumen menjadi kurikulum sebagai aktivitas atau kenyataan. Implementasi kurikulum diwujudkan dalam bentuk pengalaman belajar dengan prinsip-prinsip yang menjadikannya lebih mudah dan lebih efektif untuk dikomunikasikan ke berbagai pihak seperti pimpinan sekolah, pendidik, pengawas sekolah, dan staf pendukung lainnya. Metode dan jenis penelitian ini adalah studi pustaka (<em>library reseach</em>) dengan mengumpulkan buku-buku, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang mendukung tema penelitian, di antaranya literatur tentang Kurikulum: implementasi kurikulum, Tahapan-tahapan Implementasi Kurikulum, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum adalah: (a) Karakteristik kurikulum, (b) Strategi implementasi, (c) Karakteristik pengguna kurikulum.</p>2025-08-05T08:06:27+07:00Copyright (c) 2025 Ar-raudah: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan