Implementasi Pemanfaatan Media Sosial Oleh Mahasiswa Dalam Dalam Bisnis Online

  • Siskawati Ziliwu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tania Amara Br Pakpahan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hamidah Sal’aty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Efrina Mora Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Bisnis Online, Mahasiswa, Media Sosial

Abstract

This research is about the utilization of social media by students. The problem raised in this study is how the implementation process of social media utilization is carried out by students in selling online so that their products can be spread among the wider community. This research is a type of qualitative research. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that, in the implementation process carried out must go through step by step such as stages by looking at opportunities, target markets, programs, and monitoring.

References

Anggraini, Farida Dwi, Nur Kholipah, Firda Alyang Luvita, And Zainal Arifin. 2020. “Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Bisnis Online Di Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19.” Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Bisnis Online Di Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi. 5 (1).

Arumsari, Nurul Rizka, Nurzahroh Lailyah, And Tina Rahayu. 2022. “Peran Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi Di Kelurahan Plamongansari Semarang.” SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat) 11 (1): 92. Https://Doi.Org/10.20961/Semar.V11i1.57610.

Fantini, Endah, Mohammad Sofyan, And Ade Suryana. 2021. “Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (Embiss) 1 (2).

Hartana. 2022. “Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing Di Kabupaten Buleleng.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan UNDIKSHA 10 (3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jpku.V10i3.50585.

Musyawarah, Irdha Yanti, And Desi Idayanti. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas Di Kecamatan Mamuju.” Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 1 (1).

Rachmawaty, Asye, And Meli Siagawati. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Membuka Peluang Bisnis Bagi Warga Di Desa Sindangsari.” TEMATIK 6 (2): 184–96. Https://Doi.Org/10.38204/Tematik.V6i2.258.

Rifa’i, Muhammad, And Husinsah. 2022. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil.

Veronika Setyadji, And Tri Yulistyarani. 2023. “Analisa Konten Twitter @Kemkominfo Tentang Proses Migrasi TV Digital Dalam Mengedukasi Masyarakat Terkait Transformasi.” Indonesian Scholar Journal Of Communication (ISJC) 1 (02): 49–57. Https://Doi.Org/10.54402/Isjc.V1i02.562.

Wahyuningrum, Sri Rizqi And Riskiyah, And Endang Halifatur. 2021. “Implementasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Kerupuk Puli Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Larangan Tokol, Pamekasan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar 3 (2).

Zusmayanti, And Yanuarti Nurida. 2023. “Penanaman Karakter Peserta Didikmelalui Aktualisasi Pendidikan Karakter Di SMP Cita Persada Depok.” Institut PTIQ Jakarta.

Published
2024-01-01
Section
Articles