Peluang Usaha Jajanan Dimsum Dikantin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

  • Devi Intan Sari Sagala Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lusi Safitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Munawaroh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Peluang, Usaha, Jajanan Dimsum

Abstract

Dimsum sedang hits di zaman sekarang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang berbondong-bondong menjalani bisnis dimsum. Peluang Usaha Dimsum Kaki Lima atau Rumahan. Bisnis kuliner sepertinya tidak akan ada habisnya. Pasalnya, kebutuhan masyarakat akan pangan juga tidak pernah selesai apabila manusia masih hidup. Baru-baru ini, makanan asal China yaitu dimsum, menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Lantas, bagaimana dengan peluang usaha dimsum. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang terdapat pada Usaha Dimsum kiano dikantin universitas islam negeri sumatera utara 2) mengetahui seberapa besar peluang usaha menjual dimsum dan pemasaran Usaha Dimsum kiano dengan metode kualitatif, yaitu dengan mengobservasi tempat usaha tersebut, lalu mewawancarai pemilik usaha dan mengambil dokumentasi dari hasil observasi dan wawancara.  Peluang usaha dimsum di Indonesia cukup besar. Menyadari bahwa jumlah orang yang tertarik dengan jajanan kuliner semakin meningkat. Ada banyak jenis olahan dimsum yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin memulai bisnis ini, kamu perlu memperhatikan peluang usaha dimsum saat ini. Walaupun dikenal sebagai makanan di kalangan restoran, namun tidak menghalangi makanan ini untuk dijual dalam skala yang lebih kecil. Oleh karena itu, masyarakat dari berbagai kalangan dapat menikmati olahan makanan ini. Peluang usaha dimsum dalam skala kecil memang merupakan bisnis yang menjanjikan. Risiko yang dihadapi usaha dimsum tidak terlalu besar. Hal ini karena kamu tidak perlu mengumpulkan banyak modal untuk menjalankan bisnis dimsum kecil-kecilan

References

Arisandy, Yosy. (2018). “Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Tinjauan Manajemen Syariah.” Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 4(1).
Desy, & Rahmat. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman.
Fitriyani, Sandra, Trisna Murni, And Sri Warsono. (2019). “Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil.” Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen 13(1).
Harun Samsuddin, Endang Rosidah Ningsih. (2018). “Ecoment Global 167.” Hamid Halin 4(1).
Husaini, Fachri Et Al. (2023). “Pengaruh Location Store, Testimoni Dan Tagline Terhadap Penjualan Produk UMKM (Studi Kasus DJ Dimsum Pematangsiantar).” Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 3(2).
Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Gofood Di Kota Bandung. JIMEA Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 4(3).
Napitupulu, Binur Pretty, And Ivan Benedict. (2019). “Hubungan Penempatan Dan Pengembangan Pegawai Dengan Prestasi Kerja Pada Pardede International Hotel Medan.” Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung 6(1).
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1).
Putri, Arinda Novela Et Al. (2022). “Strategi Pemasaran Usaha Dimsum (Studi Kasus Di Dimsum Moresto Bandar Lampung).” Jurnal Agroindustri Berkelanjutan 1(2).
Saragih, Rintan (2017). “Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial”. Jurnal Kewirausahaan, Vol.3(2).
Sudrartono, T., & Saepudin, D. (2020). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Perkembangan Ukm Di Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah.
Sudiyanto, Totok, And Rismansyah. (2019). “Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pt. Hti Bumi Persada Banyuasin.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 13(4).
Widiyasari, Ike. (2022). “Pengaruh Harga Dan Tempat Usaha Terhadap Pendapatan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Gerai Handphone Di Sukarame, Bandar Lampung) Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.” Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Published
2024-01-01
Section
Articles