Pentingnya Business Plan Bagi Kesuksesan Sebuah Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM)
Abstract
Rencana bisnis atau business plan menjadi peta jalan yang mengarahkan setiap langkah perusahaan menuju kesuksesan. Di tengah kompetisi yang semakin ketat dan perubahan yang konstan dalam preferensi konsumen, perencanaan yang matang adalah kunci untuk menjaga daya saing. Melalui bisnis plan, perusahaan dapat merinci segmentasi pasar yang menjadi target utama serta strategi untuk memposisikan diri di pasar yang kompetitif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pentingnya perencanaan bisnis dalam pelaksanaan UMKM. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil yang ditemukan bahwasanya perencanaan bisnis sangat penting untuk dilakukan bagi setiap pelaku usaha. Business plan dapat menjadi peta atau acuan dalam menjalankan serta mengembangkan bisnis yang sedang dilakukan
References
Athirah, Salwa Islami, Fesa Putra Kristianto, Dian Eko Hari Purnomo, and Julia Dewi Ma’rifah. 2022. “Usaha Peningkatan Kualitas BUMDes Berdikari Pucang Melalui Pelatihan Business Plan.” Sewagati 6 (4): 1–5. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i4.421.
Huda, Nurul. 2022. “KONSEP PERENCANAAN BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi (JMBO) 1 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.58290/jmbo.v1i2.79.
Lestari, Arini, and Nuri Aslami. 2022. “Strategi Pemasaran Produk Asuransi Syariah.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 21 (2): 80–89. https://doi.org/10.47467/mk.v21i2.882.
Mukminin, Amir, and Eka Yuni Purwanti. 2021. “PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI KALANGAN MAHASISWA STAIMAS WONOGIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUKSI.” PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4 (2): 119–25. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i2.2104.
Nihayah Nihayah, Ana, Lathif Hanafir Rifqi, Kartika Marella Vanni, and Ali Imron. 2022. “Analisis Ketahanan Keuangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Diukur Dari Implementasi Literasi Keuangan Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal E-Bis 6 (2): 438–55. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i2.912.
Rachman, Rio Febriannur. 2019. “Optimalisasi Media Digital Berbasis Kemaslahatan Umat Dalam Program Pahlawan Ekonomi Surabaya.” IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam 8 (2): 273. https://doi.org/10.36835/iqtishoduna.v8i2.422.
Santoso, Gunawan, Aim Abdul Karim, Bunyamin Maftuh, Saptiya, and Ma’mun Murod. 2023. “Kajian Wawasan Nusantara Melalui Local Wisdom NRI Yang Mendunia Dan Terampil Dalam Lagu Nasional Dan Daerah Abad 21.” JUPETRA: Jrnal Pendidikan Transformatif 2 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.144.
Sepriyadi, Mhd. Izwan, Ayu Wardani, Mimi Syahfitri, Muhammad Alfayyadh F, and Reza Resmaliana. 2023. “Analisis Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Cimol Aa Di Kota Tanjungpinang.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3 (4): 2270–81. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.3718.
Sri, Maulida, and Yunani Ahmad. 2017. “Peluang Dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 2 (1): 181–97. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/155.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Winarni, Eko, and Ali Mahsun. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Sidoarjo.” Pengaruh Inflasi Terhadap Kestabilan Dan Eksistensi Usaha Ekonomi Mikro 3 (1): 70–77.
Windusancono, Bambang Agus. 2021. “UPAYA PERCEPATAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA.” MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang 18 (2): 32. https://doi.org/10.56444/mia.v18i2.2528.
Copyright (c) 2024 Jelita Dwi Septya, Nabila Putri Andini, Fadhilah Uswah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.