Sumber Permodalan Usaha Bandrek Di Jalan Letda Sujono Medan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber pendanaan yang dimanfaatkan oleh pengusaha bandrek di Jalan Letda Sujono Medan, serta langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membangun usaha bandrek. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif variabel independen. Subjek penelitian ini adalah pedagang bandrek berinisial SL, dan objek penelitian adalah salah satu toko bandrek Sujono Medan. This study employs interviews, documentation, and direct observation as its methods for acquiring data. Observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara merupakan metode yang digunakan dalam strategi pengumpulan data penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa SL menggunakan dana asing dalam operasionalnya, antara lain pinjaman dari orang tua dan dukungan dari LAZISMU (ZAKAT, INFAQ, LEMBAGA SEDEKAH MUHAMMADIYAH). Tahap pertama dari sistem pengelolaan modal yang digunakan SL dalam bisnis bandreknya adalah tahap perencanaan, di mana pengusaha menciptakan setiap aspek perusahaan. Bahan mentah, gedung produksi dan toko tempat mereka dijual, peralatan produksi, dan kendaraan operasional merupakan tahap kedua dari alokasi aset tetap. Fase pertama dari tiga fase prioritas paling penting biasanya merupakan fase yang sering dibutuhkan perusahaan. Tabungan tahap keempat, atau uang tunai, adalah sesuatu yang masih belum disadari oleh banyak pemilik bisnis. Pendapatan harus disisihkan untuk digunakan apabila terjadi masalah pada perusahaan, dan jika terjadi masalah, sebaiknya tidak dipisahkan dari dana pribadi agar pengeluaran pribadi dapat ditanggung oleh dana usaha
References
Alma, Buchari. (2012). Pengantar Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Ambadar Jackie. (2010). Mengelola Usaha Dengan Tepat. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Ayuwuragil, K. (2017, November 15). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. Dipetik September 20, 2021, dari CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online
Ismail, Maryono (2010). Buka Usaha? Siapa Takut!. Depok: PT. Penebar Swadaya.
Istinganah, N. F., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan UKM. Economic Education Analysis Journal. Vol. 9 (2): 438-455.
Kasmir. (2014). Kewirausahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Lasoma, Arniati, dkk. (2021). Pengaruh Modal Usaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan Usaha Mikro di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Journal of Sharia Financial Management. Vol. 2. (2): 45-60.
Mekari, Intan. (2012). Pemilihan Perioritas Terpenting Dalam Proses Pengelolaan Modal Usaha (Studi Kasus Pada Sentra kerajinan Kulit Tanggulangi, Sidoharjo). Surabaya: Jurnal Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA.
Nuraisiah, R. (2021). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI DI KOTA CILEGON PROVINSI BANTEN. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Vol. 3 (01): 65-81.
Prishardoyo, Bambang , Agus Trimarwanto dan Shodiqin. (2005). Pelajaran Ekonomi. Jakarta : Grasindo
Rahayu, Puji. (2011).Strategi Kelangsungan Usaha Industri Rotan (Strategi Kelangsungan Usaha Industri Kerajinan Rotan di Sentra Industri Rotan di Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Skripsi Sosiologi. Univesitas Sebelas Maret Surakarta
Riawan, Adi. (2018). Pengaruh Modal Sendiri Dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Usaha (Studi Pada UMKM Di Desa Platihan Kidul Kec. Siman). Yogyakarta. Skripsi Ekonomi dan Bisnis. Universitas Gajah Mada.
Rinaldo, Dito. (2016). Perencanaan Dan Pengendalian Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Komunitas Studepreneur STIE Ekuitas. Yogyakarta: Jurnal Dharma Bhakti STIE Ekuitas. Vol. 1 (1): 42-45
Riyanto, Bambang. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : BPFE.
Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Balai Pustaka.
Siswanto & Suyanto. (2017). Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif & Kuantitatif pada Penelitian Tindakan (PTK & PTS). Klaten: Bossscript.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Syamwil, dkk. (2003). Pemberdayaan Sumber Permodalan Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Kecil Di Sumatera Barat. (Bidang Manajemen). Project Report. FIS UNP. Padang
Umar, Husein . (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Widjadja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukanjie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1. (3): 465-476
Copyright (c) 2024 Isma Nur Khofifah Br. BB, Nisa Amelia Purba, Annisa Rahimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.