PERAN ORANG TUA DALAM MENGHADAPI DAMPAK NEGATIF BULLYING DI SEKOLAH DAN MASYARAKAT TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI DESA PASAR V KEBUN KELAPA
Abstract
Bullying adalah perilaku agresif yang disengaja dan dilakukan secara berulang- ulang untuk menyerang orang lain. Pembentukan perilaku dan karakter anak bergantung dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam membantu anak mengatasi masalah ini dengan memberikan dukungan emosional, mengidentifikasi tanda-tanda bullying, dan mengembangkan strategi coping yang efektif. Tujuan pengabdian adalah meningkatkan pengetahuan orangtua tentang perilaku bullying dan dampaknya terhadap perkembangan psikologis anak-anak. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat adalah penyuluhan dengan populasi target adalah orang tua warga desa pasar v kebun kelapa yang memiliki anak berusia 8-12 Tahun sejumlah 54 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat setelah diberikan penyuluhan tingkat pengetahuan orangtua sebagian besar berada pada tingkat baik 40 (74%), cukup 12 (22,3%) dan kurang 2 (3,7%) kegiatan ini dilakukan berjalan lancar Semua peserta antusias di dalam mengikuti kegiatan penyuluhan dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dari orang tua terkait dengan tindakan bulying dan dampaknya pada anak-anak. Untuk selanjutnya diharapkan orang tua lebih memperhatikan anak- anaknya yang saat ini sedang berada dimasa pertumbuhan baik secara fisik maupun psikologis.
Kata kunci: Bullying, Peran Orang tua, Edukasi Orang tua
References
Aryani, Farida, Abdullah Sinring, and Corespondensi Author. 2020. “MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat PKM Deklarasi Anti Bullying Bagi Siswa SMP Polongbangkeng Takalar.” 3: 1–6.
Bili, Fransiskus Ghunu, and Sugito Sugito. 2020. “Perspektif Orang Tua Tentang Perilaku Bullying Anak TK: Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1644–54. doi:10.31004/obsesi.v5i2.939.
Jurnal, Mathesi, Pendidikan Dan, and Bimbingan Konseling. 2024. “Mathesi : Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling.” 1(1): 9–15.
NAJWA, LU’LUIN, MENIK ARYANI, MUHAMAD SUHARDI, ARY PURMADI, and ENENG GARNIKA. 2023. “Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter Dan Pelibatan Orang Tua.” COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1): 13–17. doi:10.51878/community.v3i1.2330.
Paramesti, Nirwasita Zada, Rio Nusa Prawira, Musdalifah Azahra, Farrel Farandy, Immanuel Given Bintang Andhiyo, Aulia Putri Izzati, Diah Septi Haryani, et al. 2024. “Peran Negara, Masyarakat, Dan Keluarga Untuk Menanggulangi Bullying Dalam Perspektif Hukum Perlindungan Anak.” Indonesian Journal of Law and Justice 1(4): 12. doi:10.47134/ijlj.v1i4.2545.
Putri Adinda Raraswati, Desy Safitri, and Sujarwo Sujarwo. 2024. “Peran Orang Tua Dalam Meminimalkan Risiko Bullying Pada Anak-Anak.” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan 3(1): 139–45. doi:10.55606/jurripen.v3i1.2756.
Rahayu, Romika, and Mi’rajul Rifqi. 2022. “Pkm Sosialisasi Bentuk Perilaku Bullying.” SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat 6(1): 239. doi:10.24127/sss.v6i1.1905.
Setiawati, S R, and H Wulandari. 2023. “Peran Orang Tua Dalam Menghadapi Kasus Perundungan Melalui Komunikasi Positif Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Review … 6: 3100–3106. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22335.
Copyright (c) 2024 pinta ito sihombing, Dina Suhani, Fadhilla Tunnisa, Nurmay Chairani Safitri, Sellyana, Sukaria, Siti Mellani Asri, Syahrul Effendi Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.