OPTIMALISASI PERAN MASJID DALAM PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM TAHFIDZ

  • Milhan Azhari Hasibuan STAI Raudhatul Akmal
  • Rifdha Oktavia STAI Raudhatul Akmal
  • Tasya Putri STAI Raudhatul Akmal
  • Rezky Amalia Harahap STAI Raudhatul Akmal
  • Nisa Fitriyani STAI Raudhatul Akmal
  • Soleman Lubis STAI Raudhatul Akmal
  • Nelly Agustina STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Optimalisasi peran masjid; sarana pendidikan; pendidikan islam.

Abstract

Dalam dinamika pendidikan Islam yang kompleks, masjid dan pendidikan merupakan elemen yang saling terkait erat dan tidak pernah berdiri sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami faktor-faktor penting yang mendorong maksimalisasi fungsi masjid untuk pemberdayaan pendidikan Islam dan keterampilan Masyarakat (tahfizd Al-Qur’an). Tinjauan pustaka, yang mencakup teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang diangkat dalam penyelidikan peneliti, merupakan pendekatan penelitian yang digunakan. Semua informasi yang dikumpulkan dan diperiksa berasal dari karya sastra tertulis atau sumber dokumentasi lainnya, termasuk buku, jurnal, dan artikel yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan penelitian tertentu.

                Tujuan article ini menunjukkan bahwa, untuk memaksimalkan potensi masjid sebagai pengoptimalisasian peran masjid dalam pemberdayaan pendidikan Islam dan keterampilan masyarakat tahfidz, ada empat faktor penting yang harus dipahami dan dipraktikkan: agama, pengembangan generasi muda, sosial, dan ekonomi. Administrasi masjid yang efektif dan terstruktur dengan baik telah terbukti menjadi faktor utama dalam memaksimalkan potensi masjid sebagai pusat pemberdayaan pendidikan dan keterampilan masyarakat tahfidz Al-Quran. program-program yang bersifat jangka pendek, menengah, dan panjang, selain Menghapal rutin seperti belajar subuh dan hari raya penting Islam. Hasil penelitian ini menawarkan perspektif baru tentang pentingnya memaksimalkan kapasitas masjid dalam pemberdayaan pendidikan dan keterampilan Masyarakat.

Author Biographies

Milhan Azhari Hasibuan, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Rifdha Oktavia, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Tasya Putri, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Rezky Amalia Harahap, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Nisa Fitriyani, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Soleman Lubis, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Nelly Agustina, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Darodjat Wahyudhiana. “Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Untuk Membentuk Peradaban Islam.” Islamadina Volume Xll, no. 2 (2014): 1–13.

Gustina, Erlina, and M. Tedy Rahardi. Peran Masjid Dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Masyarakat Pulau Penyengat, 2019.

Habibatullah, Salwa, Astuti Darmiyanti, and Dewi Siti Aisyah. “Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 02 (2021): 1–7.

Hakim, Lutfi Nur, Siti Nursyamsiyah, and Dhian Wahana Putra. “Optimalisasi Peran Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam Non Formal Di Masjid Al-Mustarsyidi.” Universitas Muhammadiyah Jember 5, no. 1 (2016): 1689–1699.

Khairuni, Nisa, and Anton Widyanto. “Mengatasi Krisis Spiritual Remaja Di Banda Aceh Melalui Revitalisasi Dan Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sarana Pendidikan Islam Resolving Teenage Spiritual Crisis in Banda Aceh by Revitalizing and Optimizing the Functions of Masjid as an Islamic Education Institution.” DAYAH: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2018): 74–84..

Published
2025-08-10