PENGENALAN TAHSIN AL QUR’AN DALAM RANGKA UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN IBU-IBU DI DUSUN CILACAP DESA SIDODADI RAMUNIA
Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Tajwid, serta mengidentifikasi kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaannya di kalangan ibu-ibu di Dusun Cilacap, Desa Sidodadi Ramunia. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Program Tahsin dilaksanakan melalui pembelajaran membaca Al-Qur'an yang diiringi dengan murotal dan metode Iqra, yang terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Tajwid. Pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan pengetahuan dan implementasi Program Tahsin yang efektif di Dusun Cilacap, guna memperkuat kemampuan membaca Tajwid di kalangan ibu-ibu.
References
Abdul Aziz Abdur Rauf Al-Hafizh. (2015). No Title. Panduan Ilmu Tajwid Aplikatif.
Abu Abdullah, M. bin A. (2007). No Title. Tafsir Al-Qurthubi. Jakarta.
Akbar, H. U. dan P. S. (2006). No Title. Metodologi Penelitian Sosial.
Bacaan Al-Quran di Madrasah Al-Qadr Pangalengan Afni Nurfatwa Wardhani, M., & Nurul Astriani, A. (2021). Penerapan Metode Tahsin dan Tajwid Dalam. 80(80). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Lembaga khusus dan pelatihan Al-Qur’an. (2016). No Title. Materi Praktis Tahsin 1.
Miles, M. B. dan M. H. (1992). No Title. Analisis Data Kualitatif,Terjemahan.
Mohamed Akhirudin Ibrahim. (2017). No Title. Persepsi Mata Kuliah Ulumul Qur’an Studi Banding.
Copyright (c) 2025 Nur Safrina Siregar, Jhiana Luthfiah, Dinda Puspita Lubis, Qoyyum Khairiyah, Priana, Gunawan, Cindy Oktaffrilia, Khairul Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.