Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam
Abstract
Dalam proses belajar-mengajar pada lembaga pendidikan terdapat beberapa aspek penting yang harus dipersiapkan dengan sedemikian rupa. Seperti strategi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, media belajar dan lain sebagainya, agar proses belajar dapat terlaksana dengan sistematis guna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu membutuhkan adanya sumber dalam memperoleh pelajaran, sebagai akses peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Sumber belajar terbagi atas empat hal yaitu sumber belajar cetak, non cetak, kegiatan dan lingkungan. Untuk itu artikel ini akan membahas salah satu diantara sumber belajar yang telah disebutkan, yakni perpustakaan. Didalam nya tersedia berbagai karya tulis sebagai sumber belajar yang termasuk pada kategori sumber belajar cetak. Tujuannya yakni untuk mengetahui lebih lanjut pembahasan mengenai perpustakaan sebagai sumber belajar mulai dari definisi, fungsi, manfaat, peran, dan jenis perpustakaan. Penelitian ini menggunakan Studi Literatur Kepustakaan (Library Research), dengan metode kualitatif. Seluruh materi yang dituliskan bersumber dari berbagai literatur ter-akreditasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perpustakaan memiliki peranan yang penting untuk mendukung proses pembelajaran. Sebab di dalam perpustakaan tersedia berbagai karya tulis seperti buku yang sifatnya sebagai sumber untuk mencari bahan pembelajaran dari beragam disiplin ilmu pengetahuan, hiburan dan lainnya. Keberadaan perpustakaan memudahkan para tenaga pendidik maupun pelajar untuk memperoleh informasi seputar materi perpustakaan baik itu buku yang dapat dipinjam secara fisik maupun dengan soft file.
References
Bafadal, I. (2009) Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama.
Basuki, S. (1999). Pengantar Ilmu Perpustakaan: Jakarta. Universitas Terbuka, Depdibud.
B.Suryosubroto. (2009) Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Cet I Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol: kajian ilmu informasi dan perpustakaan, 2(1), 12.
Evawani, L. (2022). Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Di Madrasah. Jurnal Literasiologi, 8(1), 136-143.
Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hayadin, H. (2015). Eksistensi Perpustakaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Edukasi, 13(2), 294406.
Istiana, P. (2014). Layanan perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
KBBI. (2008). Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta: Pusat Bahasa.
Nafisah, A. (2016). Arti penting perpustakaan bagi upaya peningkatan minat baca masyarakat. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 2(2).
Omar, I. I. (2005). Panduan mengurus perpustakaan. PTS Professional.
Priyanto, I. F. (2015, September). Perkembangan baru dalam dunia perpustakaan. In Makalah dipresentasi pada seminar Universitas Brawijaya, Malang (Vol. 29).
Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205.
Sanjaya, W. (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:Fajar Interprtama Mandiri.
Suherlan, Dkk. (2008). Perpustakaan : Bandung: PT Puri Pustaka.
Susanto, S. E. (2010). Desain dan standar perpustakaan digital. Jurnal Pustakawan Indonesia, 10(2).
Suwarno, W. (2013). Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan, Yogyakarta: Arnaz Media
Van Hamersveld, C. E. (2007). A survey of school administrators' beliefs regarding the potential of school library programs to impact student achievement. Capella University.
Virkus, S., & Metsar, S. (2004). General introduction to the role of the library for university education. LIBER Quarterly: The Journal of the Association of European Research Libraries, 14(3-4).
Copyright (c) 2023 Rizky Nurfadillah, Putri Ayu Riantika, Fitria Aminah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.