Urgensi Supervisi Pada Bimbingan Dan Konseling

  • Nina Badriah Gajah STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Urgensi, Supervisi, Bimbingan, Konseling

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membahas urgensi supervisi pada bimbingan dan konseling. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur tentang Supervisi Bimbingan dan Konseling.  Supervisi  menjadi sebuah tuntutan yang harus diberikan pada seorang Guru Bimbingan dan Konseling untuk melihat mutu dalam pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling dan pemberian layanan Bimbingan dan konseling. Supervisi dilaksanakan untuk mengembangkan layanan bimbingan bimbingan yang berhasil dan efektif. Oleh karena itu perlu supervisi bagi guru Bimbingan dan konseling. Dari hasil penelitian dengan pendekatan literatur riview didapat hasil bahwasanya dengan adanya supervise yang dilakukan secara efektif dan professional maka dapat mengurangi masalah-masalah internal yang dapat menghambat pelaksanaan program dan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling.

Author Biography

Nina Badriah Gajah, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Abimanyu, Soli. (2005). Supervisi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Panitia Konvensi Nasional XIV dan Kongres Nasional X Assosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. Semarang: ABKIN.

Amelia, Maya & Suhono, Suno. (2018). Supervisi Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Layanan Konseling Guru Bimbingan dan Konseling, Vol. 2. UIN Gunung Djati.

Amelisa,Maya. (2019). Supervise Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Layanan Konseling Guru Bimbingan dan Konseling. Bandung: UIN.

Anggraini, septin. (2017). Peran Supervisi Bimbingan dan Konseling Untuk meningkatkan Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling Vol.1. Malang: Universitas Negeri Malang.

Creswell, John W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education, Inc.

Hatch. (2002). Doing Qualitative Research in Education Settings. Jakarta: Suny Press.

Konvensi Nasional XIV dan Kongres X ABKIN. 2005. Semarang : ABKIN.

Mashudi, Farid. (2018). Evaluasi dan Supervisi Bimbingan Konseling, Yogyakarta: Diva Press.

Merriam. (1988). Case Study Research in Education: A Qualitative Approach. Jossey-Bass.

Niamah, Huriyatun. (2021). Supervisi Bagi Guru Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Padang : Universitas Negeri Padang.

Purwanto, Ngalim (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siraj. (2010). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: Widya Karya.

Suwidagdho, dkk. (2017). Peran Pengawas Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Bimbingan Dan Konseling Vol. 1. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Wibowo, M. E. (2017). Profesi Konselor dalam Kurikulum 2013 dan Permasalahannya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 1(2).

Widyowati, T. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Sekabupaten Pati Tahun Ajaran 2014/2015. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Published
2023-07-10
How to Cite
Nina Badriah Gajah. (2023). Urgensi Supervisi Pada Bimbingan Dan Konseling. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 1(1), 24-28. https://doi.org/10.33151/ijomss.v1i1.77