Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Gaya Magnet Dengan Menggunakan Metode Praktikum
Abstract
Pelajaran akan mudah diterima siswa apabila siswa merasa ada rasa ketertarikan pada pelajaran. Salah satu usaha yang dapat menumbuhkan rasa ketertarikan siswa pada pelajaran adalah dengan meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan jenis penelitian ini maka penelitian ini memiliki tahap-tahap yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode praktikum mengalami peningkatan yang signifikan, pada awalnya siswa tidak menyukai pelajaran sains dikarenakan sains adalah pelajaran yang sulit dan membosankan, di tambah lagi dengan kurang tepatnya guru saat menggunakan metode pengajaran. Kesulitan juga ditemui peneliti saat mengajar di kelas adalah mengoorganisir siswa untuk ikut belajar dengan menggunakan metode praktikum karna siswa belum terbiasa belajar dengan penggunaan metode praktikum, namun akhirnya semua permasalahn dapat terselesaikan dengan berjalannya waktu. 2) Berdasarkan pada hasil angket yang diperoleh dari siswa menunjukan bahwa sebagian besar siswa merasakan adanya peningkatan semangat dan motivasi dalam belajar sains pada pokok bahasan gaya magnet dengan menggunakan Metode Praktikum. 3) Berdasarkan pada hasil angket yang diperoleh dari siswa menunjukan bahwa sebagian besar siswa merasakan adanya peningkatan semangat dan motivasi dalam belajar sains pada pokok bahasan gaya magnet dengan menggunakan Metode Praktikum. Dari hasil observasi di atas dapat terlihat bahwa semua indikator yang ada telah mengalami peningkatan yang signifikan. Diketahui pada siklus pertama dan kedua peneliti memperoleh skor 53 poin dari 60 poin yang ada atau sekitar 88.3% dengan skor rata-rata 2.3.
References
Anas Sudijono.2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Daryanto.2009.Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta: Publisher
Dewi Rosmala.2009.Profesionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas Medan: Dharma.
E,Mulyasa.2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Remaja Rosdakarya
N.K.Rostiyah.2008.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta Pupuh Fathurrahman & M Sobry Sutiko.2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Sagala, Syaiful.2003.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Slameto.2010.Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineke Cipta.
Sugiyono.2008. Penelitian Kuantitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Surjani Wonorahardjo.2010.Dasar-Dasar Sains. Jakarta: Indeks Jakarta Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain.2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno,B Hamzah.2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusnin.2007.Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD. Jakarta: Piranti Darma Kalokatama.
Copyright (c) 2023 Mira Andriyani, Rizky Rinaldi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.