Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan di SMP Swasta Budisatrya
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Swasta Budisatrya. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang terlihat dari keterbatasan dalam mengemukakan ide, memahami konsep sistem pernapasan, serta kecenderungan hanya menghafal tanpa pemahaman mendalam. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang diyakini mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model PjBL dan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budisatrya Medan tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 53 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik total sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk esai. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan uji-t berbantuan SPSS versi 31. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran PJbL berpengaruih signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal ditunjukkan dari hasil nilai pretest dan postest, dengan nilai rata-rata pretest kelas eskperimen yaitu 49,65 dengan kategori cukup kreatif dan nilai posttest kelas eksperimen yaitu 72,80 dengan kategori kreatif. Hal ini memperlihatkan peningkatan berpikir kreatif dengan menggunakan model PJbL pada kelas eksperimen atau kelas VIII-2 di SMP Swasta Budisatrya
References
Agustin, H. (2021). Meningkatkan kreativitas berpikir siswa melalui pembelajaran inovatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(2), 240–248.
Agustina, R. (2023). Pengaruh pembelajaran inovatif terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 45–52.
Afif. (2019). Pengembangan pembelajaran berbasis siswa. Bandung: Alfabeta.
Al-Khalili, J. (2006). The creative mind: A new approach to creative thinking.
Jakarta: Pustaka Pelajar.
Ananda. (2019). Strategi pembelajaran efektif. Jakarta: Kencana.
Arikunto, S. (2015). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2020). Validitas dan reliabilitas penelitian kuantitatif. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Darwanto. (2019). Pengantar kreativitas dan inovasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Eka Kurniasih, et al. (2022). Model pembelajaran efektif di era new normal. Jurnal Pendidikan Nasional, 23(2), 125–139.
Febrianti. (2016). Berpikir kreatif dalam pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas model pembelajaran project-based learning terhadap minat dan hasil belajar siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 307–314.
Hidayat, S. (2016). Konsep berpikir dalam Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia. Istarani. (2016). Model pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada.
Jiang, Y., & Yuan, R. (2016). Creative thinking and problem solving. Journal of Education Research, 14(1), 29–34.
Jurnal P4I. (2024). Integrasi model pembelajaran IPA dengan teknologi & kearifan lokal. Science Education Journal, 9(1), 1–12.
Khotiyah Ningsih, S., Rahman, A., & Dian Eka. (2022). Penerapan model project- based learning untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 102–110.
Lestari, D., & Ilhami. (2022). Penerapan project-based learning untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 44–50.
Lestari, D., Nasir, & Jayanti. (2021). Pengaruh model project-based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 5(4), 1186–1187.
Liswati. (2018). Pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa. Malang: CV Pustaka Ilmu.
Martati. (2025). Project-based learning dalam meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 1–10.
Mashudi. (2021). Pendidikan abad 21: Teori dan implementasi. Yogyakarta: Deepublish.
Munandar, U. (1999). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U. (2010). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U. (2016). Pengembangan kreativitas anak. Jakarta: Rineka Cipta. Munandar, U. (2020). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurlaela, L., Wulandari, S., & Mulyono, M. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran inovatif. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 120–130.
Nurul Hikmah, Ramadanil Hamid, et al. (2023). Systematic literature review discovery learning di SD. Prosiding Senapenmas, 7(1), 45–51.
Nyihana, D. (2020). Model pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan keterampilan abad 21. Malang: CV Cendekia Press.
Nyihana, M. (2020). Metode PjBL (Project-Based Learning) berbasis aktivitas proyek. Bandung: Alfabeta.
Nyihana, M. (2021). Metode PjBL (Project-Based Learning) berbasis aktivitas proyek. Bandung: Alfabeta.
Perkasa, H., Lestari, D., & Saputra, A. (2022). Originality sebagai indikator kreativitas siswa dalam pembelajaran. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(2), 125–132.
Putra, A., Sari, D., & Lestari, R. (2016). Kreativitas berpikir dalam penyelesaian masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 331–337.
Sahil, M., Rachmadtullah, R., & Sumantri, M. S. (2021). Penerapan model project- based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 50–60.
Sani, R. A. (2019). Kreativitas siswa. Jakarta: Bumi Aksara.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Mishbah: Pesan, kesan, dan keserasian Al-Qur’an (Jilid 12). Jakarta: Lentera Hati.
Sinta, Dewi, & Rahayu. (2022). Pengaruh model project-based learning terhadap kreativitas siswa. [Nama Jurnal tidak dicantumkan].
Siregar, S. (2021). Literature review tentang pendekatan, metode, dan model pembelajaran. JEqN: Jurnal Edukasi dan Narasi, 2(1), 1–10.
Siswono, T. Y. E. (2011). Berpikir kreatif matematis. Surabaya: UNESA University Press.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utama, M. (2018). Anatomi dan fisiologi manusia. Jakarta: Kencana. Wahyuningasi, S. (2017). Anatomi dan fisiologi manusia. Jakarta: Salemba Medika.
Yulianti, R., Sari, N., & Susanto, A. (2023). Analisis keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 80–85.
Copyright (c) 2025 Yulianti Sinurat, Khairuna, Zulfiana Herna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)










