Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Anak Di RA Puspa Hati Tanjung Morawa

  • Rhea Aquilla Fawaz Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Enny Nazrah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kemampuan Membaca, Anak Usia Dini, Lingkungan Belajar, Peran Guru, Stimulasi Membaca

Abstract

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan membaca anak di RA Puspa Hati Tanjung Morawa. Latar belakang penelitian ini berangkat dari temuan bahwa sebagian besar anak usia dini di lembaga tersebut belum mampu membaca dengan baik, meskipun membaca merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi perkembangan kognitif, bahasa, serta sosial-emosional mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor utama yang memengaruhi kemampuan membaca anak, yaitu faktor lingkungan, peran guru, dan keterlibatan orang tua. Lingkungan keluarga berperan penting dalam memperkaya kosakata anak melalui kebiasaan berbahasa sehari-hari dan ketersediaan sarana literasi di rumah. Lingkungan sekolah turut berkontribusi dengan menyediakan media pembelajaran sederhana, suasana belajar yang menyenangkan, serta pengaitan materi membaca dengan pengalaman nyata anak. Selain itu, interaksi sosial dengan teman sebaya juga terbukti mendukung perkembangan literasi anak. Peran guru sangat sentral, tidak hanya dalam menyampaikan materi, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator, dan teladan yang mampu menciptakan suasana belajar kondusif melalui media visual, permainan edukatif, serta dukungan emosional. Namun, keterlibatan orang tua masih perlu ditingkatkan, khususnya dalam memberikan stimulasi membaca di rumah. Kesimpulannya, peningkatan kemampuan membaca anak usia dini membutuhkan sinergi antara guru, orang tua, dan lingkungan belajar yang mendukung.

 

Author Biographies

Rhea Aquilla Fawaz, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan

Nurmawati, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan

Enny Nazrah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan

References

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52– 58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916

Ar, U. M., & Ilyas, S. N. (2024). Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Mengenal Simbol Huruf Menggunakan Media Tutup Botol DI TKIT Mutiara. 5(2), 55– 62.

Delmania, H., Pulungan, M., & Savitri, M. L. O. (2023). Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik di SD Negeri 04 Palembang. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 4(3), 34– 37. https://doi.org/10.33654/pgsd

Dra.Lilis Madyawati,M.Si.(2016).Strategi Pengembangan BAHASA pada anak

Erlina, T., & Dwija Iswara, P. (2023). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Sebagai Media Membaca Permulaan Siswa Sd Kelas I. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2). https://jurnalfai- uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/1930/828

Fitri, R. A., & Hadiyanto, H. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690–6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485

Ginsburg, K. R., Shifrin, D. L., Broughton, D. D., Dreyer, B. P., Milteer, R. M., Mulligan, D. A., Nelson, K. G., Altmann, T. R., Brody, M., Shuffett, M. L., Wilcox, B., Kolbaba, C., Noland, V. L., Tharp, M., Coleman, W. L., Earls,

Khadijah, & Zahriani, N. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Merdeka Kreasi Group.

Khadijah,& Zahriani,N.(2021).Perkembangan Sosial anak usia Dini.Merdeka

Khadijah.,dkk (2020). Perkembangan kemampuan Dasar Anak Usia Dini.

Kreasi Group.

M. F., Goldson, E., Hausman, C. L., Siegel, B. S., … Smith, K. (2007). The importance of play in promoting healthy child development and maintaining strong parent-child bonds. Pediatrics, 119(1), 182– 191. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2697

Nurdiana, R. (2023). Analisis Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas terhadap Minat Aktivitas Belajar Anak Usia Dini. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1– 7. https://doi.org/10.62070/thufuli.v1i1.16

Pada, K., Anak, P., & Dini, U. (2019). Research in Early Childhood Education and Parenting VIRTUAL REALITY SEBAGAI ALTERNATIF. 19– 26.

Rusman, A. A., Noperiyanti, Y., Hajar, S., Aziza, R., & Harahap, N. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di SD 094153 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Medan , Indonesia. 8(2), 524– 528. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v

Satrikawati, & Wirman, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Media Puzzle Pecahan Kata di taman Kanak-kanak Al Akhdar Situjuah Ladang Laweh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3699– 3706.

Utaminingtyas, F. (2019). Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Perkembangan Anak Umur 12-24 Bulan Di Desa Lembu, Bancak. Jurnal Kebidanan, 11(02), 117. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v11i02.348

Published
2025-08-22
How to Cite
Rhea Aquilla Fawaz, Nurmawati, & Enny Nazrah. (2025). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Anak Di RA Puspa Hati Tanjung Morawa. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(5), 361-374. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i5.703