Pentingnya Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Media Diorama di Tingkat Sekolah Dasar

  • Nurul Annisa Institut Jam’iyah Mahmudiyah
  • Rizka Institut Jam'iyah Mahmudiyah
Keywords: Akidah Akhlak, media diorama, pembelajaran SD, motivasi belajar, karakter siswa.

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan moral siswa sejak usia dini, khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD). Namun, metode penyampaian yang monoton dan kurang menarik seringkali mengurangi efektivitas pembelajaran ini. Makalah ini membahas penggunaan media diorama sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Diorama sebagai media visual tiga dimensi mampu menyajikan konsep-konsep abstrak secara konkret dan menarik. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif di MIS Al-Jamilah, dengan fokus pada implementasi media interaktif Tebak Kata dan respon siswa terhadap penggunaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama dapat meningkatkan antusiasme, pemahaman, dan daya ingat siswa, meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan fasilitas. Oleh karena itu, media diorama direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam Pendidikan Agama Islam.

Author Biographies

Nurul Annisa, Institut Jam’iyah Mahmudiyah

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Rizka, Institut Jam'iyah Mahmudiyah

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Anitah, S. (2020). Strategi pembelajaran. Jakarta: CV Anugrah Utama Raharja.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Gunawan, A. (2020). Media pembelajaran berbasis industri 4.0. Jakarta: Rajawali Pers.

Iqbal, N. A. (2022). Pembelajaran Akidah Akhlak berbasis metode edutainment di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wajo. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9(1), 71–81. https://doi.org/10.32939/madinah.v9i1.1105

Mudiah Alti, R. (2022). Media pembelajaran. Sumatera Barat: Get Press.

Nata, A. (2013). Pendidikan Islam dan tantangan modernitas. Jakarta: Prenada Media.

Nurhayati. (2020). Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas IV MI. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 162–172. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i2.8757

Sari, R. (2021). Penggunaan media visual dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Edukasi Islami, 6(1), 45–55. https://doi.org/10.35316/jei.v6i1.1030

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran (Jilid 2). Sukabumi: CV Jejak.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam pendidikan. Jakarta: Kencana.

Published
2025-07-23
How to Cite
Nurul Annisa, & Rizka. (2025). Pentingnya Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Media Diorama di Tingkat Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(4), 326-329. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i4.645