Pentingnya Media Pembelajaran Papan Baca Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MI
Abstract
Penelitian ini menyelidiki efektivitas penggunaan Papan Baca sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa Kelas IV MIS YPII Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan subjek penelitian berupa siswa-siswi dan media Papan Baca yang memuat materi "Iman Kepada Kitab-Kitab Allah". Hasil penelitian menunjukkan bahwa Papan Baca efektif meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa. Beberapa siswa menunjukkan pemahaman yang baik dan antusias, sementara yang lain membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih personal dan repetisi materi. Penelitian menyoroti pentingnya penggunaan media pembelajaran yang variatif dan memperhatikan perbedaan gaya belajar siswa untuk mencapai hasil belajar optimal dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Wawancara dengan guru dan siswa memberikan wawasan tambahan tentang metode pembelajaran dan tantangan yang dihadapi.
References
Daniyati, Ani dkk, (2023), Konsep Dasar Media Pembelajaran, Journal of Student Research (JSR), Vol. 1, No. 1.
Fadilah, Aisyah dkk, (2023), Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran, Journal of Student Research (JSR), Vol. 1, No. 2.
Hosaini dkk, (2021), PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK, Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Kusuma, Jaka Wijaya dkk, (2023), DIMENSI MEDIA PEMBELAJARAN, Kota Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nasution, Abdul Fattah, (2023), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Harfa Creative.
ROCHAENDI, ENDI dkk, (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN, Lampung Selatan: ITERA Press.
Saleh, M. Sahib dkk, (2023), MEDIA PEMBELAJARAN, Jawa Tengah: EUREKA MEDIA AKSARA.
Trivaika, Erga dan Mamok Andri Senubekti, (2022), Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android, JURNAL NUANSA INFORMATIKA, Vol. 16, No. 1.
Usman, Usman, (2024), Urgensi Media Pengajaran Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Murid Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Buton Tengah, Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 3.
Yusup, Ainiyah Hidayanti dkk, (2023), Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial, Jurnal Pendiidkan Indonesia, Vol. 3, No. 5.
Copyright (c) 2025 Asrida Mustika, Mutia Sabrina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.