Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas III

  • Nabila STAI Raudhatul Akmal
  • Masyitah STAI Raudhatul Akmal
  • Mira Andriyani STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Media Gambar, Keterampilan Bercerita, Mata Pelajaran IPAS.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPAS sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran Media Gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD IT Mulia Desa Pematang Biara Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, pada tahap observasi dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat proses pembelajaran pada indikator siklus I sebanyak (53,84%) siswa mencapai kkm, pada siklus II meningkat (96,15%) menjadi 95% mencapai target kkm. Kemampuan dalam menggunakan media gambar sangat baik pada kondisi awal (26,92%) dalam cerita cukup baik menjadi (53,84%) pada siklus I dan menjadi (96,15%) dalam cerita sangat baik pada siklus II. Nilai klasikal hasil belajar siswa sebesar 85% dengan nilai rata-rata 75 jadi dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

Author Biographies

Nabila, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Masyitah, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Agama Islam

Mira Andriyani, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Anita, S. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Anitah, S. (2019). Media Pembelajaran. Surakarta: Mitra Sertifikasi Guru Surakarta.

Anisatul, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna, 3(1), 17.

Bachtiar, S. (2024). Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, S. B., dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartono. (2020). Pengertian Bercerita Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Jaya Pura.

Maisarah. (2020). PTK dan Manfaatnya Bagi Guru. Bandung: Media Sains Indonesia.

Nasution, S. (2018). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurgiyantoro. (2021). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurfadhillah, D., & dkk. (2022). Analisis Pembelajaran Bagi Siswa Disleksia dan Disgrafia di Pegadungan. Jurnal Pendidikan Sosial Budaya, 173.

Sukirman. (2023). Pengertian Media Pembelajaran. Cirebon: PT Lara.

Suwana. (2020). Macam-macam Media Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Syah, M. (2020). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2025-07-22
How to Cite
Nabila, Masyitah, & Mira Andriyani. (2025). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas III. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(4), 313-325. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i4.610