Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pelajaran PKN Melalui Pembelajaran Berbasis Portofolio Siswa Kelas IV
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) adalah suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang aktif, bertanggung jawab, dan beretika. Pembelajaran berbasis portofolio adalah proses pembelajaran yang menggunakan portofolio sebagai alat untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menilai hasil kerja serta perkembangan siswa. Portofolio ini berisi berbagai jenis karya, tugas, proyek, dan refleksi yang menunjukkan kemajuan dan pencapaian siswa selama periode tertentu. Hasil observasi yang dilakukan pada pra-siklus mendapatkan hasil secara klasikal yaitu 58,21%, hasil ini menegaskan perlunya tindakan perbaikan yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus I dilakukan tindakan dengan menerapkan pembelajaran berbasis portofolio, hasil observasi siswa pada siklus I secara klasikal yaitu 62,5% dan hasil angket siswa mendapatkan nilai rata-rata 4,64, dengan demikian hasil ini juga belum mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 75%, oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan menerapkan beberapa perbaikan, pada siklus II ketuntasan siswa secara klasikal mencapai 89,64% dan hasil angket siswa mendapatkan nilai rata-rata 8,42. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran PKN siswa kelas IV MIS Mutiara Zahra, Batang Kuis.
References
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Budimansyah. (2002). Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Fajar, A. (2005). Portofolio Dalam Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Farihah, E. (2021). Teknik Portofolio Dan Instrumen Asesmen Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal Fascho: Jurusan Pendidikan, 1(1).
Fauzan. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: Gaung Persada.
Fauzi, I., & Srikantono. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jember: Superior “Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial”.
Ferrari, S., & Andriyani, M. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V Mis Nurul Huda Tanjung Morawa T.A 2024/2025, Ar-Raudah: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan, 2(3), 25-26.
Harahap, N. A. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: Widina Bhakti Persada Bandung.
Hasanah, U. (2024). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. PENDIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 3(2), 2.
Herwati, dkk. (2023). Motivasi Dalam Pendidikan: Konsep – Teori – Aplikasi. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Jasiah, dkk. (2021). Mahir Menguasai PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dalam 20 Hari. Indramayu: Penerbit Adab.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Magdalena, I., dkk. (2020). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3).
Mamuasi, R., & Tuara, N. A. (2021). Pembelajaran berbasis portofolio dalam pendidikan IPS. JUPEK: Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 3(1), 70-71.
Nanda, I., dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu: Penerbit Adab.
Popham, W. J. (1995). Classroom Assessment: What Teachers Need To Know. Boston: Simon & Schuster Company.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sujiono, Y. N. (2010). Mengajar Dengan Portofolio. Jakarta: PT Indeks.
Sunaryati, T., dkk. (2022). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1).
Supardi. (2013). Model Pembelajaran Portofolio: Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Inspiratif, Kreatif dan Menyenangkan (PAIIKEM), Jawa Tengah: STAIN Salatiga Press.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.
Wasid, I., & Sukendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widoyoko, S. E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Copyright (c) 2025 Sukaria, Mira Andriyani, Raudha Zaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.