Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas V

  • Nurmay Chairani Safitri STAI Raudhatul Akmal
  • Muhammad Azhari STAI Raudhatul Akmal
  • Afrida Handayani STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, untuk mengetahui hasil belajar akidah akhlak kelas V MIS Mutiara Zahra, untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas V MIS Mutiara Zahra. Dalam penelitain ini yang penulis gunakan adalah metode kuantitatif pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Dalam menganalisis data penulis menggunakan rumus product moment. Dari penelitian yang dilaksanakan di kelas Kelas V MIS Mutiara Zahra, diperoleh hasil bahwa Metode Pembelajaran Tutor Sebaya mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar akidah akhlak. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket mengenai pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan hasil belajar akidah akhlak, diketahui dari 30 responden, jawaban responden menunjukkan bahwa pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar akidah akhlak adalah sangat tinggi sesuai dengan perhitungan angket, dengan demikian Metode Pembelajaran Tutor Sebaya mendapat respon yang baik dari peserta didik, sehingga terciptanya pembelajaran yang aktif dan dapat ditarik kesimpulan dari hasil yang penulis lakukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil indeks kolerasi product moment yang didapat sebesar 0,78 yang berkisar antar 0,70-0,90 sehingga Metode Pembelajaran Tutor Sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar akidah akhlak. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat kolerasi yang kuat atau sangat tinggi.

Author Biographies

Nurmay Chairani Safitri, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Muhammad Azhari, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Agama Islam

Afrida Handayani, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Agama Islam

References

Ahmadi, W. (2020). Risalah Akhlak: Panduan Perilaku Muslim Modern. Solo: Era Intermedia.

Alwi, H. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, S. (2020). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali.

Departemen Agama RI. (2020). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Darus Sunnah.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsanto, R. (2020). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Saminanto. (2020). PTK. Semarang: Rasail Media Group.

Sudirman, N. (2021). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya Brata, S. (2020). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, T., & Anwar, S. (2018). Metodologi & pengajaran agama & bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo.

Zuhairini. (2019). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published
2025-05-31
How to Cite
Nurmay Chairani Safitri, Muhammad Azhari, & Afrida Handayani. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas V. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(3), 115-129. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i3.607