Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Mata Pelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MIS Mutiara Zahra pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Motivasi belajar siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Namun, berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa motivasi belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, rendahnya minat siswa terhadap materi pelajaran, dan hasil belajar yang belum optimal. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa/siswi kelas V MIS Mutiara Zahra. Batang Kuis yang terdiri dari 13 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatkan motivasi belajar siswa mata Pelajaran IPA dapat meningkat. Pada siklus I jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 10 orang siswa atau 23,07%. Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 13 siswa atau 100%. Maka dapat dikatakan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teching terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Danim, S. (2019). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Deporter, B., dkk. (2007). Quantum Teaching. Terjemahan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.
Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi.
Dwisarohmiati. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran. Universitas Sebelas Maret.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (Ed. 1, Cet.-9). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa. (2007). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Dee Publish.
Purba, P. B., dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis.
Rangkuti, A. N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Ridwan, S. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Raja Grafindo Persada.
Rusydi. (2018). Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Sadirman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: Arruzz Media.
Sianturi, C. L., & Girsang, E. (2020). Quantum Teaching Tipe TANDUR (Tumbuhan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan). Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Siswati, B. H., dkk. (2024). Pengembangan Keterampilan Berpikir Siswa melalui Quantum Teaching dan Learning Berbasis Augmented Reality. Yogyakarta: CV Ananta Vidya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sudirman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.
Suryani, N. (2013). Improvement Of Student History Learning Competence Through Quantum Learning Model. Journal of Education and Practice, 4(1), 55-63.
Siregar, E., & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, B. H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wisudawati, A. W., & Sulistiyowati, E. (2014). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Lampung: Aura.
Copyright (c) 2025 Pinta Ito Sihombing Sihombing, Afrida Handayani, Masyitah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.