Penerapan Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan penerapan teka teki silang. Penelitian ini dilakukan di MIS Karya Shabirah Jl. Pringgan Desa Kolam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan teka teki silang dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas IV MIS Karya Shabirah Jl. Pringgan Desa Kolam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya penerapan teka teki silang untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MIS Karya Shabirah?” Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 23 siswa yang berasal dari siswa Kelas IV pada tahun ajaran 2023/2024. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberikan test. Pada siklus I peneliti menerapkan teka teki silang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ini terdapat 8 siswa (34,78%) dan kegiatan siswa mendapatkan hasil 65,65%. Peneliti melanjutkan penelitian ke siklus II dengan menerapkan beberapa perbaikan yaitu menjelaskan kembali materi yang telah didiskusikan, menguji kemampuan peserta didik secara individu melalui tanya jawab langsung kepada masing-masing siswa dan menyiapkan waktu lebih banyak untuk berdiskusi. Pada siklus II siswa yang mendapatkan hasil belajar tuntas atau mendapatkan nilai KKM mencapai 23 siswa (100%) dan untuk tingkat ketuntasan belajar siswa terdapat 8 siswa (34,78%) mendapatkan ketuntasan belajar sangat baik, 11 siswa (47,82%) mendapatkan ketuntasan belajar tinggi dan 4 siswa (17,39%) mendapatkan ketuntasan belajar sedang. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa menggunakan penerapan teka teki silang dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa.
References
Adhani, A. (2017). Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Textium.
Asri, R. P., Atmazaki, & Abdurrahman. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknik SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 332.
Fahmi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap dan Praktis. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Gulo, W. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.
Halik, A. (2012). Metode Pembelajaran: Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-‘Ibrah, 1(1), 46-47.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1), 2.
Lufri, dkk. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: CV IRDH.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif. Surakarta: CV KEKATA GROUP.
Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca melalui Teka-teki Silang. Jurnal Puitika, 11(1), 84.
Sadirman, A. S., dkk. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindi Persada.
Semiawan, C. R. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar (Cet. 3). Jakarta: Indeks.
Slamet, S. Y. (2017). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah dan Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Surakarta: Uns Press.
Soedjito. (1992). Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Soeparno. (1988). Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: PT Intan Pariwara.
Suharsimi, Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.
Wijaya, C., & Syahrum. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Copyright (c) 2025 Ana Ardiana, Muhammad Azhari, Afrida Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.